April 24, 2024

Gitar adalah alat musik favorit yang memiliki banyak peminat, utamanya untuk orang pemula di bidang musik.

Selain mudah dibawa kemana-mana, alat musik satu ini juga menghasilkan nada-nada yang dapat menghipnotis siapapun yang mendengarnya. Untuk itu tak heran jika gitar salah satu alat yang banyak dipelajari.

Namun diantara cara mempelajari kunci gitar, akor Bm termasuk kunci yang bikin frustasi. Pasalnya tekniknya butuh perhatian khusus untuk menghasilkan suara yang bagus.

Tapi jangan khawatir, dengan langkah yang tepat dan latihan terus menerus pasti bisa kok menguasai akor Bm gitar.

Untuk menguasainya, kamu bisa mengikuti cara bermain berikut ini. Tak perlu bingung lagi ya, hanya perlu dilatih dan konsentrasi tinggi.

Baca juga: Mengenal Sandelwood Pony, Kuda Pacu Asal Sumba yang Melegenda

1. Makna akor Bm

5 Cara Memainkan Akor Bm Gitar, Gak Susah Kok

(foto: pexels/wendywei)

Dalam belajar akor baik pemula atau profesional akan berkenalan dengan akor Bm. Makna dari akor Bm adalah singkatan dari kor B minor yang merupakan akor sederhana.

Akor Bm ini juga dikenal dengan 3 triad, dimana not yang digunakan adalah not B, not D, dan not F #.

2. Akor Bm versi 3 jari

5 Cara Memainkan Akor Bm Gitar, Gak Susah Kok

(foto: tomasmichaud)

Dari gambar tersebut bisa dilakukan dengan letakkan telunjuk pada senar E pertama pada fret kedua, jari tengah pada senar B kedua di fret ketiga dan jari manis pada senar G ketiga di fret keempat. Serta biarkan senar D keempat terbuka dan mulai dari sini.

3. Akor Bm versi 4 jari

5 Cara Memainkan Akor Bm Gitar, Gak Susah Kok

(foto: tomasmichaud)

Hampir sama dengan sebelumnya, namun dengan tambahan satu jari. Penambahan jari keempat bisa menggunakan kelingking. Dengan cara ini bisa cepat berpindah pada akor lain dan mudah digerakkan di sekitar leher.

Baca juga: Keunikan Suku Huaulu, Rumah Adatnya Menyatu dengan Alam

4. Akor Bm versi ketiga

5 Cara Memainkan Kunci, Gak Susah Kok

(foto: tomasmichaud)

Tak kalah dengan cara kedua, cara ketiga ini juga cukup mudah. Keuntungan lainnya dengan akor ini akan lebih mudah bergerak di sekeliling leher. Namun harus diperhatikan dalam pembuatan palang yang akurat.

5. Akor yang bisa dimainkan selain Bm

5 Cara Memainkan Kunci, Gak Susah Kok

(foto: pexels/arthousestudio)

Memainkan gitar dengan akor Bm dinilai sulit, hal ini dikarenakan dalam memainkannya membutuhkan penggunaan barre dengan jari telunjuk di semua senar.

Karena cukup sulit akor Bm bisa dimainkan dengan 3 atau 4 jari. Walaupun dalam beberapa situasi penggunaan akor Bm bisa juga diganti dengan akor mayor D

Itu adalah cara yang bisa dilakukan untuk memaminkan akor Bm pada gitar. Jika masih kesulitan, mungkin kamu membutuhkan mentor. Bisa ikut les atau minta ajarin temanmu yang jago gitar aja.