5 Fakta Industri Musik Jepang, Anti Bajakan Hingga Tak pernah Full Version

Jepang merupakan salah satu negara yang diyakini mampu bersaing dengan Korea dalam industri musik. Jika Korea identik dengan nama K-Pop, maka Jepang tidak kalah dengan fashion J-pop dan Harajuku sebagai daya tarik utamanya.

Selain itu, Jepang adalah negara yang sangat menghargai para musisinya. Penasaran dengan fakta lain seputar industri musik di Jepang? Nah, itulah beberapa fakta unik tentang industri musik di Jepang.

Baca Juga: Menjengkelkan, 12 Potret Idol K-Pop Pakai Seragam SMA

1. Jepang sangat anti bajak laut penjualan album

(foto: musicinafrica)

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan industri musik untuk mendapatkan keuntungan dari pembajakan.

Namun, tidak seperti Jepang, negara ini memiliki undang-undang yang sangat ketat bagi mereka yang menjual album bajakan kepada rakyatnya.

2. Belum pernah ada versi full di Youtube

5 Fakta Industri Musik Jepang, Anti Pembajakan Hingga Tak Pernah Full Version

(foto: musicinafrica)

Youtube adalah salah satu platform terbesar bagi para seniman untuk mengunggah karya mereka untuk dinikmati masyarakat umum.

Namun, bagi industri musik Jepang, hal ini bisa berujung pada pembajakan karya-karya musisi di sana. Jadi, kebanyakan lagu Jepang di Youtube bukan full version.

3. Perlu datang ke konser secara langsung jika ingin mendengarkan lagu

5 Fakta Industri Musik Jepang, Anti Pembajakan Hingga Tak Pernah Full Version

(foto: asialive365)

Ketatnya hukum Jepang dalam jual beli album musik, membuat masyarakat di sana harus datang ke konser idolanya jika ingin mendengarkan musik lengkap dari lagu tersebut.

Baca juga: 10 Ilustrasi Hewan Ini Cocok untuk Kamu yang Moody

4. Memiliki sistem suara terbaik

5 Fakta Industri Musik Jepang, Anti Pembajakan Hingga Tak Pernah Full Version

(foto: asialive365)

Tokyo adalah ibu kota Jepang yang menjadi pusat dunia hiburan di negeri sakura. Di Tokyo, ada banyak konser dan festival musik yang tidak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Hal ini mendorong Jepang untuk memiliki sound system terbaik yang mampu meredam gema dan menciptakan efek 3D bagi pendengarnya.

5. Genre unik di Jepang

5 Fakta Industri Musik Jepang, Anti Pembajakan Hingga Tak Pernah Full Version

(foto: matcha-jp)

Jepang tidak hanya memiliki berbagai idola yang mengedepankan fashion harajuku dengan tampilan yang imut, tetapi juga mendukung keunikan genre musiknya.

Salah satunya adalah campuran Trash Metal dengan Kawaii Pop atau Baby Metal yang saat ini sedang booming di Jepang.

Di atas adalah beberapa fakta unik dari industri musik di Jepang yang patut kita apresiasi. Sebagai negara yang sangat menghargai musisi, tentunya Indonesia bisa mengikuti beberapa kebijakan dari Jepang agar industri musik di tanah air tidak ketinggalan dengan kemajuan industri musik lainnya.

Artikel ini diposting oleh: Abita Jovina