6 Fakta Wuhan, Kota Tempat Virus Corona Pertama Kali Ditemukan

Akhir-akhir ini terungkap fakta Wuhan, salah satu kota di China menjadi topik pembicaraan di seluruh dunia karena mewabahnya virus corona yang menewaskan ratusan orang.

Tak lengkap rasanya jika kita tidak mengenal tentang kota Wuhan yang merupakan kota yang terletak di sepanjang sungai Yangtze, China.

Meskipun saat ini kota Wuhan menjadi perbincangan karena wabah virus mengerikan, kota ini tetap menjadi favorit para penduduk China .Tahukah kamu ada beberapa fakta menarik dibalik kota Wuhan ini? Mari simak ulasan berikut.

Baca juga: 10 Potret Make Up Ilusi Karya Seniman Korea yang Bikin Mata Pusing

1. Kota dengan kepadatan penduduk yang tinggi

(foto: kidskiddle)

Banyak fakta yang membuat kita tercengang tentang Wuhan. Salah satunya, Wuhan adalah salah satu kota di China sekaligus ibu kota dari Provinsi Hubei.

Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di China bagian tengah. Selain itu, kota ini juga merupakan jantung politik, budaya dan ekonomi di provinsi Hubei.

Oleh sebab itu, banyak sekali penduduk China yang menetap di kota ini. Populasi penduduk di Wuhan mencapai 7,8 juta jiwa dengan 50 suku seperti Hui, Han, Tujia, Manchu, Miao, Zhuang dan kebangsaan lainnya.

2. Kota bersejarah dan memiliki bangunan dengan arsitektur unik

Virus Corona Mengguncang Wuhan, Ini Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Wuhan!

(foto: newswbfo)

Predikat sebagai kota bersejarah Tiongkok telah disematkan pada Kota Wuhan di tahun 1986. Kota ini memiliki pemandangan alam yang indah dan kaya akan peninggalan bersejarah.

Contoh peninggalan bersejarah di Wuhan yang paling terkenal adalah Kuil Buddha Guiyuan.

Kuil merupakan kuil Budha yang sangat terkenal karena memiliki koleksi 500 patung arhat emas. Selain kuil Budha, terdapat 330 tempat bersejarah yang menawan lainnya.

Salah satunya adalah Menara Yellow Crane yang terkenal baik di dalam maupun di luar negeri. Banyak selebriti sudah menginjakkan kaki di menara indah ini.

Banyaknya peninggalan bersejarah di kota ini memang tidak perlu diragukan lagi. Kebanyakan situs-situs dan peninggalan bersejarah di Wuhan berisikan tentang cerita sejarah panjang kota cantik ini sejak 3500 tahun yang lalu.

3. Dunia penerbangan di Wuhan yang berkembang pesat

Virus Corona Mengguncang Wuhan, Ini Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Wuhan!

(foto: dailymail)

Kota yang satu ini mengalami pertumbuhan besar dan pesat dalam bidang penerbangan pada beberapa tahun terakhir.

Bahkan di Wuhan terdapat bandara Internasional yang mempunyai rute penerbangan ke berbagai rute penerbangan ke negara-negara seperti London, New York, San Fransisco, Moskoq, Tokyo dan negara lainnya.

Baca juga: Ini 13 Fakta Menarik Google yang Kini Jadi Mesin Pencari Terbesar

4. Kota di China ini memiliki Iklim subtropics

Kota di China ini memiliki Iklim subtropics

(foto: nytimes)

Kota Wuhan memiliki iklim muson subtropics dan memiliki kadar kelembapan yang tinggi. Empat musim  yang berbeda dimiliki kota Wuhan yakni musim panas, musim dingin, musim hujan, dan musim salju. Setiap tahunnya, kota ini memiliki suhu rata-rata tahunan sekitar 15.8 0C – 17.50C.

5. Kota Wuhan termasuk Kota Metropolitan

termasuk Kota Metropolitan

(foto: bangkokpost)

Jika di Indonesia kita punya Jakarta sebagai kota metropolitan, maka di China ada Wuhan yang merupakan kota metropolitan dengan jumlah penduduk yang fantastis.

Selain dikenal sebagai kota besar, Wuhan juga dikenal sebagai kota metropolitan paling kuno dan beradab di China. Daerah ini diakui sebagai pusat keuangan, budaya, ekonomi, pendidikan dan transportasi.

Industri utama di kota Wuhan adalah industry material baru, perlindungan lingkungan, teknik biologi, elektronik, manufaktur mobil dan baja, sector farmasi.

Di kota ini sebelum virus korona menyerang, ada berbagai aktivitas mulai bisnis, perdagangan, pendidikan dan lainnya. Namun, saat ini kota metropolitan China ini bagaikan kota mati.

6. Terdapat Pasar Hewan Eksotik

Virus Corona Mengguncang Wuhan, Ini Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Wuhan!

(foto: smartcity)

Di Wuhan, pasar hewan menjual berbagai hewan mulai hewan ternak hingga hewan eksotis. Pasar hewan ini tempat berbaurnya penjual dan pembeli di lahan yang tak seberapa besar. Disini juga tidak hanya menjual hewan yang sudah mati melainkan hewan yang mati.

Virus corona pertama kalinya ditemukan pada orang yang berbelanjad di pasar basah Wuhan ini. Mungkin karena inilah yang menjadi penyebab menularnya virus dari hewan ke manusia dan akhirnya menular ke manusia lain.

Demikianlah beberapa fakta dari kota Wuhan yang sangat menarik untuk dibahas. Masyarakat di Wuhan China memiliki kegemaran mengkonsumsi hewan mentah yang dipercaya dapat meningkatkan vitalitas kaum adam. Semoga kejadian wabah virus corona ini membuat masyarakat China lebih menerapkan pola hidup sehat.