10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

Alaskan Malamute – Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu hobi yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat.

Biasanya, mereka melakukannya karena merasa kesepian, sehingga menjadikan hewan peliharaannya sebagai teman.

Ada banyak jenis hewan yang kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan, salah satunya adalah anjing.

Memelihara anjing digadang-gadang mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan, seperti menghilangkan stress, menurunkan resiko serangan jantung, dan masih banyak lainnya.

Seperti yang kita tahu bahwa terdapat banyak sekali jenis ras anjing yang bisa dipelihara. Namun, ada satu yang mampu memikat hati para pecinta hewan karena kegagahannya, ialah alaskan malamute.

Alaskan malamute atau yang akrab disebut malamut alaska merupakan salah satu ras anjing memiliki tubuh besar dan gagah. Sesuai namanya, anjing ini berasal dari Alaska.

Dahulu, anjing dijadikan sebagai penarik kereta barang. Namun, seiring berjalanya waktu, anjing ini dipelihara dan juga kerap dijadikan sebagai hewan pertunjunjukan.

Sebagian besar orang masih belum mengetahui banyak hal tentang alaskan malamute. Mereka hanya tahu bahwa ras anjing ini berbadan besar dan kuat.

Padahal masih banyak fakta-fakta menarik tentang alaskan malamute. Apa saja fakta-fakta tersebut?

Baca juga: 10 Fakta Kucing Himalaya, Si Pesek yang Suka Bermalas-Malasan

1. Sebagai penarik kereta es

(foto: istockphoto)

Sesuai namanya, alaskan malamute hidup di daerah beriklim dingin. Oleh sebab itu, anjing ini kerap dijadikan sebagai kereta penarik es oleh suku Mahlemiut di kawasan Arktik. Selain itu, juga dijadikan sebagai teman berburu dan menarik barang bawaan.

Perlu diketahui bahwa nama alaskan malamute diberikan oleh suku Mahlemiut. Itulah alasannya mengapa nama mereka hampir sama.

Bentuk tubuh yang gagah dan kuat mampu menjadikannya sebagai anjing pelari yang yang sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis anjing kecil lainnya.

Tak heran jika dahulu anjing ini lebih sering dijadikan sebagai pengangkut dan penarik barang oleh suku Mahlemiut

2. Sering disebut siberian husky

10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

(foto: istockphoto)

Bagi orang awam, tidak ada perbedaan sedikitpun antara alaskan malamute dengan siberian husky. Bahkan, sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa mereka adalah anjing yang sama.

Padahal, alaskan malamute dan siberian husky merupakan ras anjing berbeda. Walaupun memang ternyata mereka masih memiliki ikatan keluarga.

Hal tersebut diungkapkan oleh The Nest yang menyatakan bahwa kedua anjing tersebut merupakan saudara sepupu.

Jika dilihat lebih dekat, alaskan malamute dan siberian husky memiliki perbedaan cukup banyak. Dari segi bentuk tubuh, alaskan malamute lebih besar dan gagah.

Tidak hanya itu, bulu-bulu alaskan malamute lebih panjang. Hal ini dikarenakan ia hidup di daerah dingin bersalju sehingga bulu panjang dan tebalnya mampu memberinya kehangatan.

Perbedaan lainnya adalah dari segi bentuk muka. Siberian husky terlihat lebih galak, dingin dan menakutkan. Sementara, alaskan malamute lebih hangat walau tubuhya lebih besar.

3. Cerdas dan ramah

10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

(foto: istockphoto)

Walaupun berbadan besar dan menakutkan, namun ternyata anjing ini sangat ramah kepada siapapun, terutama pada pemiliknya. Tak heran jika banyak yang jatuh cinta dan memutuskan untuk memelihara anjing ini.

Alaskan malamute bersosialisasi dan mudah akrab dengan manusia. Inilah yang menjadi kelemahan jika ia menjadi anjing penjaga.

Sebab, jika orang lain mendekatinya dan menyayanginya, ia akan menjadi senang dan berusaha untuk bermanja-manja dengan orang tersebut.

Selain ramah, Alaska malamute juga sangat cerdas. Sehingga, jika kamu berniat untuk melatihnya menjadi hewan pertunjukan, akan terasa sangat mudah. Sebab, kecerdasannya membuat ia cepat dilatih.

Namun, perlu dicatat bahwa anjing ini tidak suka jika ada kehadiran hewan lain. Jadi, pastikan bahwa kamu tidak memelihara jenis hewan lainnya saat memeliharanya.

Jika memang tidak memungkinkan, sebaiknya buat kandang yang berjarak jauh.

4. Memiliki ciri tubuh khas

10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

(foto: istockphoto)

Anjing malamute memiliki ciri tubuh yang khas yakni bentuk kepalanya yang lebar dan tubuhnya yang kuat.

Selain itu, yang menjadikannya unik adalah ekor panjangnya yang selalu menghadap ke atas punggungnya.

Telinganya tegak, serta bulunya juga panjang dengan corak berwarna hitam dan putih atau abu-abu dan putih. Tingginya mencapai 58 cm hingga 64 cm dengan bobot 34 sampai 39 kilogram.

5. Perhatikan nutrisi tubuhnya

10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

(foto: istockphoto)

Alaskan malamute sama seperti hewan peliharaan lainnya yang harus selalu diperhatikan makanannya. Hal ini dikarenakan, anjing ini tidak boleh kelebihan berat badan.

Kamu bisa memberikan makanan jadi yang banyak dijual di toko pakan hewan, atau juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan catatan, harus bernutrisi seimbang.

Caranya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan atau ahlinya. Sebab, mereka tahu apa saja makanan yang harus diberikan dan yang tidak harus dikonsumsi.

Baca juga: Teknik Memory Palace, Solusi untuk Orang yang Mudah Lupa

6. Tidak berumur panjang

10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

(foto: istockphoto)

Jika kamu ingin memelihara anjing jenis ini, maka jangan sedih jika tidak bersamanya sampai berpuluh-puluh tahun. Sebab, anjing ini tidak berumur panjang, usianya hanya berkisar 10-12 tahun saja.

The Kennel Club mengungkapkan bahwa alaskan malamute memiliki umur pendek disebabkan penyakit kanker yang kerap menyerangnya, hingga 36%.

Tidak hanya kanker, penyakit berbahaya lainnya juga bisa menyebabkan kematian pada anjing menggemaskan ini, seperti gagal jantung, gagal ginjal, gangguan kulit dan juga katarak.

Tak sedikit pula yang pincang dan membutuhkan operasi karena terserang penyakit radang sendi pinggul dan siku.

7. Bisa dipelihara di daerah beriklim tropis

10 Fakta Menarik Alaskan Malamute, Anjing Kuat dan Cerdas

(foto: istockphoto)

Seperti yang kita tahu bahwa alaskan malamute berasal dari daerah beriklim dingin dan bersalju. Namun, bagaimana jika ia dipelihara di daerah beriklim tropis? Apakah bisa bertahan hidup? Jawabannya adalah bisa.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa anjing ini juga membutuhkan penyesuaian. Jangan sesekali mencukur bulu-bulu di badannya karena tidak tahan terkena paparan sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, bulunya akan menjaganya supaya kulitnya tidak terbakar.

Selain itu, berilah air minum yang cukup agar tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik. Jangan pernah mengajaknya keluar di siang hari. Biarkan ia tinggal di dalam ruangan berAC.

Lantas, bagaimana jika ingin mengajaknya jalan-jalan? Kamu bisa membawanya keliling taman komplek pada saat pagi atau sore hari setelah panas matahari mulai sedikit menghilang.

8. Memiliki kebiasaan buruk

Memiliki kebiasaan buruk

(foto: istockphoto)

Anjing kuat nan menggemaskan satu ini rupanya juga memiliki kebiasaan buruk, yakni suka menggaruk dan menggali tanah. Jadi, jangan kaget bila dia pulang dengan badan kotor.

Selain menggali tanah, ia juga suka menggigit dan mengunyah benda-benda. Namun, jangan khawatir, sebab anjing ini sangat cerdas.

Jadi, ketika kamu melatihnya untuk tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka ia akan melakukannya dengan mudah.

Alaskan malamute merupakan anjing yang sangat aktif, sehingga jika kamu membawanya pergi berolahraga, ia akan merasa sangat senang.

9. Tidak membutuhkan perawatan khusus

Tidak membutuhkan perawatan khusus

(foto: istockphoto)

Tidak sama seperti anjing lainnya yang kerap dibawa ke salon untuk melakukan perawatan agar terlihat cantik dan bersih, alaskan malamute tidak membutuhkannya.

Bahkan, sebaiknya jangan memandikannya terlalu sering. Sebab, bulu pada tubuhnya mampu membersihkan kotoran dengan sendirinya. Oleh sebab itu, kamu hanya perlu memandikannya sekitar 3-4 bulan sekali.

10. Menjadi inspirasi beberapa film

Pernah muncul di beberapa film

(foto: istockphoto)

Alaskan malamute rupanya sering bermain film, salah satunya adalah film yang berjudul eight below.

Film ini menceritakan tentang 8 anjing penarik yang terjebak dalam badai salju selama 6 bulan di Antartika. Mereka berjuang mencari makanan untuk bisa bertahan hidup.

Tidak hanya eight blow, jenis anjing ini juga menjadi inspirasi film Indiana Jones, yang diperankan oleh Walton Jones. Jr, pada tahun 1981.

Dalam cerita ini, tokoh Jones mengadopsi seekor bayi alaskan malamute yang akhirnya ia pelihara dengan penuh kasih sayang hingga dewasa. Anjing tersebut bernama Indiana.

Fakta menariknya adalah, alaskan malamute yang menjadi inspirasi film tersebut merupakan anjing kesayangan milik penulis naskah George Lucas.

Demikianlah 10 fakta menarik tentang alaskan malamute. Jika kamu berniat untuk memelihara anjing kuat tapi sangat ramah terbut, kamu bisa pelajari terlebih dahulu fakta-fakta tentangnya.