Apa Itu ASMR, Konten Video YouTube yang Sempat Viral di Internet

Apakah Anda sering menonton video di YouTube? Jika iya, kemungkinan besar Anda akan menemukan beberapa rekomendasi konten video dengan penambahan istilah ‘ASMR’ pada judulnya.

Pertama kali populer pada tahun 2010 hingga viral di internet, konten video ASMR memang telah diunggah jutaan kali oleh para Youtuber di seluruh dunia.

Sebagian besar video ASMR menampilkan gambar mini makanan dalam warna berani untuk menarik perhatian pemirsa. Begitu dibuka, di dalamnya ada tayangan video dengan suara-suara unik.

Baca juga: Apa Itu Gap Year, Pilihan yang Berguna untuk Menunda Kuliah

Orang yang mendengarnya akan merinding sekaligus nyaman

(foto: japantoday)

Dalam video ASMR sering terlihat orang-orang sedang melakukan aktivitas yang bisa mengeluarkan suara tertentu, misalnya makan buah, makanan garing, mengetuk benda hingga mengetik. papan ketikberbisik, dan lainnya.

ASMR adalah singkatan dari Respon Meridian Sensorik Otonom. Istilah ini merupakan ekspresi atau sebutan untuk sensasi spontan seseorang yang dipicu oleh suara tertentu.

Sensasi yang ditimbulkan seringkali terlihat seperti perasaan merinding. Namun di sini sensasinya bukan merinding yang tidak nyaman atau gemetar seperti mendengar suara seram.

Sebaliknya, bagi sebagian orang, sensasi yang dirasakan saat menonton video ASMR adalah perasaan senang, rileks, atau bahkan bisa tertidur karena tenang.

Dapat memberikan efek seperti saat mendengarkan musik yang bagus

Apa itu ASMR, konten video YouTube yang viral di Internet

(untuk: tryp96.wordpress)

Sejumlah pencipta konten mencoba menampilkan video dengan cara yang sederhana dan terlihat seperti iseng-iseng, tetapi penonton merasa nyaman menontonnya dalam waktu yang lama.

Alasan mengapa begitu banyak orang menyukainya juga karena videonya terasa seperti sesuatu yang baru.

Banyak juga yang memanfaatkan video ASMR khusus dengan konsep bercerita dengan suara rendah agar penonton bisa hanyut terbawa cerita sambil bersantai.

Dalam posisi santai karena mendengar suara dari video, detak jantung Anda bisa lebih stabil dan memberikan efek seperti penyembuhan diri sendiri atau sambil mendengarkan musik yang menyenangkan.

Rasa tenang yang bisa muncul ternyata ada hubungannya dengan amigdala, bagian otak yang bertugas memproses emosi.

Sensasi seseorang dalam video ASMR sebenarnya tidak sama karena bergantung pada fokus, konsentrasi, dan juga pengalaman pribadi di masa lalu.

Baca juga: Permainan Engrang, Olahraga Tradisional yang Bisa Menjaga Keseimbangan Tubuh

Efeknya bisa menyebar dari kulit kepala ke punggung hingga kaki

Apa itu ASMR, konten video YouTube yang viral di Internet

(foto: foodrepublik)

Ini tidak hanya terkait dengan suara tertentu, tetapi juga jenis konten visual tertentu. Konten visual di sini adalah semacam pemandangan yang indah, warnanya cerah atau mencolok.

Setiap kali melihatnya, penonton akan merasakan sensasi seolah-olah sedang mendengarkan suara tertentu yang pernah didengar.

Misalnya, ketika Anda melihat video kuliner dengan makanan renyah. Hanya dengan melihatnya, Anda bisa langsung merasakannya.

Efeknya juga akan tergantung pada kecenderungan penonton, apakah mereka lebih suka mendengar (pendengaran) atau lihat (visual).

Merinding atau perasaan lain yang muncul saat menonton video ASMR biasanya dimulai dari kulit kepala di bagian ujung atau atas.

Setelah itu menyebar ke bagian belakang leher dan di punggung. Namun terkadang sensasinya juga bisa menjalar dari tangan hingga kaki.

Dapat melepaskan hormon yang dapat memicu rasa nyaman seperti obat penenang

Apa itu ASMR, konten video YouTube yang viral di Internet

(foto: ruang jiwa)

Konon suara yang keluar dari video tersebut bisa melepaskan endorfin yang juga dikeluarkan saat orang tua mengasuh bayinya. Maka tak heran jika ada kenyamanan di sana.

Selain endorfin, juga muncul dopamin yang berhubungan dengan motivasi, bahkan memicu euforia seperti mengonsumsi obat penenang atau pereda nyeri.

Pernah ada penelitian di University of Sheffield tentang beberapa manfaat menonton ASMR. Selain efek relaksasi dan penurunan detak jantung, emosi positif juga meningkat secara signifikan.

Selain manfaatnya, ternyata ada juga orang yang tidak menyukainya, misalnya mendengar orang makan sambil mengeluarkan suara sebenarnya tidak nyaman.

Namun nyatanya konten video ASMR masih terus dibuat, rasanya unik dan asyik dinikmati di waktu senggang.