Batu Merah Delima, Harganya Selangit dan Dianggap Memiliki Kesaktian

Batu merah delima adalah salah satu benda yang terkenal di kalangan pengoleksi batu mulia, perhiasan unik, atau benda pusaka.

Sebagian orang tertarik memilikinya karena percaya pada kesaktian yang terdapat di dalamnya.

Untuk memilikinya harus melalui beragam proses, seperti bertapa sampai berkunjung ke lokasi keramat kemudian membayarnya dengan harga yang sangat mahal.

Sebagaimana sebuah jimat, batu ini identik dengan kegunaan seperti bisa kebal penyakit, usaha lebih laris, lebih percaya diri, dan bahkan bisa menghilang.

Baca juga: Kisah Hidup Elvis Presley, Dikenal Sebagai King of Rock ‘n Roll dan Pernah Menjadi Tentara

Meskipun ukurannya kecil, tapi dianggap spesial karena memiliki kesaktian

(foto: pinterest)

Batu merah delima memang berwarna merah seperti buah delima. Ukurannya bisa dibilang kecil yaitu 13×11×7 mm. Meskipun kecil, tapi batu ini dianggap sangat spesial karena kesaktian yang terkandung di dalamnya.

Mitos yang beredar adalah bahwa siapa yang memilikinya akan mudah mewujudkan apa yang diinginkan. Kekuatan yang ada pada batu ini memang tidak kasat mata.

Masyarakat awam sering tidak dapat membedakan antara batu merah delima asli atau palsu. Tapi bagi kolektor batu-batu mulia akan mudah mengenalinya.

Butuh ketelitian mengetahui apakah batu ini asli atau palsu. Kualitas batunya ditentukan berdasarkan warnanya, potongan batunya, kejernihannya, dan kadar karat.

Memiliki harga yang mahal dan bisa tampak bercahaya ketika dipotong

Batu Merah Delima, Harganya Selangit dan Dianggap Memiliki Kesaktian

(foto: pinterest)

Dari waktu ke waktu, batu akik sepertinya selalu menjadi fenomena tersendiri, termasuk batu merah delima. Bukan sekadar disukai sebagai perhiasan, tapi para kolektor juga menganggapnya bernilai supranatural.

Apalagi kalau dipotong jadi bulat, akan tampak bercahaya. Saat terkena sinar matahari juga akan memantulkan seberkas cahaya merah. Batu ini bentuknya mirip dengan batu zamrud, safir, dan berlian.

Tentang harganya yang selangit, mungkin akan membuat banyak orang kaget. Di beberapa situs belanja di internet, harganya cukup beragam mulai dari ratusan ribu sampai 1 milyar.

Baca juga: Keistimewaan Hari Jumat, Waktu Terkabulnya Doa dan Banyak Peristiwa penting

Ada banyak mitos terkait asal usulnya yang sudah ada sejak zaman dahulu

Batu Merah Delima, Harganya Selangit dan Dianggap Memiliki Kesaktian

(foto: batupermata)

Sebenarnya, asal usul batu ini sudah muncul sejak dahulu kala. Beberapa jenis batu juga dikenal di negara Asia Tenggara, yakni di Myanmar.

Tidak sedikit kontroversi dan mitos-mitos yang muncul dari batu berharga ini.

Ada yang menyebutkan bahwa batu merah delima, sesuai namanya, berasal dari biji yang ada pada buah delima zaman kuno yang sudah membatu menjadi fosil.

Tokoh-tokoh spiritual pun menyebut bahwa batu ini sudah dikenal sejak zaman Nabi Sulaiman sebagai hadiah untuk Ratu Bilqis. Sampai sekarang, belum dipastikan mana versi yang paling tepat.

Para penggemarnya tampaknya tidak terlalu peduli dengan sejarahnya, karena yang menjadi daya tariknya adalah tampilan yang elegan.

Pernah diteliti secara ilmiah, bahwa batu merah delima termasuk langka

Batu Merah Delima, Harganya Selangit dan Dianggap Memiliki Kesaktian

(foto: pinterest)

Pada zaman dahulu, yang bisa memilikinya hanya orang-orang yang jiwanya suci. Tapi di masa sekarang lebih mudah untuk membelinya, termasuk versi KW-nya.

Terlepas dari banyaknya mitos yang telah beredar, sempat ada penelitian ilmiah di bidang geologi. Ternyata jenis batu ruby merah delima memang langka, dibanding batu lainnya.

Tidak semua orang berniat memilikinya demi mencari kesaktian, untuk menjadi jimat, atau sejenisnya.

Tidak disangkal kalau memang batu yang langka ini memiliki tampilan indah dan memberi gengsi tersendiri bagi pemiliknya.

Jadi benarkah batu merah delima menyimpan kesaktian? Benar atau tidaknya, hal tersebut akan tergantung keyakinan masing-masing. Sampai sekarang, masih banyak masyarakat yang mengincarnya.