10 Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik, Wajib Ditiru

Seorang pemimpin harus menjadi contoh yang baik bagi setiap anggotanya. Ciri-ciri kepemimpinan yang baik salah satunya adalah mampu menginspirasi dengan gaya kepemimpinan yang patut diteladani.

Seorang pemimpin juga harus bisa memberikan dampak positif demi tercapainya kinerja maksimal dan menunjukkan kemajuan ke arah yang lebih baik.

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor untuk meraih kesuksesan dalam sebuah organisasi, sebab pemimpin yang baik dapat mengelola organisasinya dengan baik pula.

Tidak hanya itu, masih banyak kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kriteria tersebut dapat menunjukkan seberapa bagus dan seberapa besar kredibilitas seseorang sebagai pemimpin.

Lantas, apa saja ciri-ciri kepemimpinan yang baik, yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin? Berikut adalah penjelasannya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris, Dijamin Mudah

1. Memiliki integritas

Integritas merupakan salah satu ciri-ciri kepemimpinan yang baik dan bisa dibilang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Arti dari integritas adalah sesuatu yang dapat memancarkan sifat kewibawaan dan kejujuran, terutama bagi seorang pemimpin.

Pemimpin yang memiliki sifat wibawa dapat disegani oleh semua bawahan karena dapat mengayomi dan melindungi semua anggota di bawahnya.

Sementara, kejujuran juga tidak kalah penting karena dengan adanya kejujuran, seorang pemimpin juga akan menjadi contoh yang baik bagi bawahan. Sehingga, akan mendapatkan anggota dan bawahan yang juga memiliki sifat jujur.

2. Dapat menginspirasi orang lain

Inspire adalah menginsipirasi atau mengilhami. Seorang pemimpin yang memiliki ciri kepemimpinan inspire dapat menjadi contoh atau inspirasi bagi setiap bawahannya.

Dengan demikian, ia dapat mengetahui tanggung jawab dan peran sebagai pemimpin dalam masyarakat.

Jika seseorang bisa menginspirasi banyak orang untuk bisa lebih giat bekerja atau belajar, gigih menggapai cita-cita, dan menjadi pribadi yang lebih baik, maka bisa dikatakan bahwa ia adalah seorang pemimpin yang baik.

3. Mampu berkomunikasi dengan baik

Seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik. Sebab, ia harus bisa menyampaikan visi dan misi dengan benar agar setiap orang yang mendengarnya lebih mengerti.

Seperti yang kita tahu bahwa komunikasi adalah bagian terpenting dalam sebuah hubungan, baik dalam keluarga maupun pekerjaan.

Seorang pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik kepada seluruh anggotanya, maka ia dapat membangun komunikasi yang solid antar anggota yang dipimpinnya.

Dengan demikian, hubungan pekerjaan akan menjadi lebih baik dan kompak.

Tidak hanya itu, pemimpin yang baik juga harus mengetahui kapan waktunya berbicara dan kapan harus mendengarkan orang lain termasuk karyawan atau anggota.

4. Tidak goyah dalam mengambil keputusan

Dalam sebuah pekerjaan, setiap anggota atau karyawan akan mengajukan pendapatnya demi membangun perusahaan yang lebih baik.

Akan tetapi, semua pendapat tersebut tidak dapat diambil semuanya, sebab hanya ada satu atau dua pendapat saja yang akan diterapkan pada visi misi perusahaan.

Setiap pendapat yang dipilih, diputuskan oleh pemimpin. Seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan yang baik dan bijak agar bisa memberikan dampak baik bagi seluruh karyawan untuk memajukan perusahaan.

Tidak lupa, setiap pengambilan keputusan tersebut harus didiskusikan terlebih dahulu kepada seluruh karyawan.

Seorang pemimpin yang baik tidak akan segan-segan untuk meminta pendapat kepada setiap karyawannya demi mendapatkan solusi terbaik.

5. Memiliki ide kreatif dan inovatif

Di jaman serba modern ini, setiap bisnis yang dijalani haruslah dibangun dengan penuh kreativitas dan inovasi. Sebab, dengan adanya ide kreatif dan inovasi, maka mampu bersaing dengan bisnis lainnya.

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik adalah harus memiliki sifat kreatif dan inovatif untuk bisa menciptakan produk berupa barang atau jasa, yang mampu disukai oleh banyak orang.

Untuk menciptakan inovasi, dibutuhkan ide-ide cemerlang yang sudah disiapkan sebelumnya.

Untuk mendapatkannya, kita bisa mencarinya di berbagai buku atau sumber untuk mengikuti berbagai tips menjadi seorang pemimpi yang kreatif dan inovatif.

Baca juga: Serum Scarlett, Varian serta Manfaat untuk Masalah Kulit Wajah

6. Memiliki rasa tanggung jawab tinggi

Seperti yang kita tahu bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Pasalnya, ia harus memikul tugas berat dan ada banyak hal yang harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik.

Seorang pemimpin harus memiliki sikap tanggung jawab atas semua keputusan yang diambil. Akan lebih baik jika mau menerima kritik dari karyawan dibanding terus mengharapkan pujian.

Kritik yang diberikan mampu membangun pribadi seorang pemimpin menjadi lebih baik. Dengan adanya kritik juga bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan.

7. Selalu percaya diri dan optimisme

Percaya diri dan optimisme merupakan dua hal yang harus dimiliki seorang pemimpin. Rasa percaya diri dapat memudahkan untuk mengambil sebuah keputusan, sehingga tidak mudah goyah dan terpengaruh oleh orang lain.

Tidak hanya itu, rasa optimis yang kuat juga dapat melahirkan pemimpin yang tidak mudah putus asa dan selalu yakin akan kesuksesan yang akan diraih di masa mendatang.

Sikap optimis yang dimiliki oleh seorang pemimpin juga bisa ditularkan kepada seluruh karyawan agar sama-sama optimis dalam menghadapi tantangan bersama.

8. Memiliki kecerdasan emosional

Sifat cerdas tidak hanya dalam hal kognitif saja, melainkan juga dalam hal emosional.

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik adalah memiliki kecerdasan emosional, sehingga bisa mengendalikan emosi ketika dalam menghadapi sebuah masalah.

Dalam sebuah pekerjaan, pasti akan ada kesalahan yang dilakukan oleh seorang karyawan.

Sebagai pemimpin yang baik, sebaiknya jangan menanggapinya dengan emosi yang meledak-ledak karena dapat menurunkan integritas sebagai seorang pemimpin.

Tidak hanya itu, kecerdasaan emosinal yang dimiliki oleh seorang pemimpin akan membuatnya lebih hati-hati dalam mengambil keputusan, serta lebih mengutamakan rasionalitas dibanding ego pribadi.

9. Bersifat transparansi

Transparansi kata lain dari keterbukaan. Seorang pemimpin yang memiliki sikap transparansi bisa terbuka dalam semua hal, terutama dalam hal informasi penting tentang perusahaan.

Keterbukaan mengenai infomari penting kepada seluruh karyawan dapat memberikan rasa aman bagi setiap orang yang dipimpin.

Dengan adanya keterbukaan, maka secara tidak langsung dapat melibatkan semua anggota tim dalam mencapai tujuan.

10. Perlakuan baik terhadap orang lain

Memberikan perlakuan yang baik terdapat orang lain merupakan ciri-ciri kepemimpinan yang baik.

Sebab, ketika seorang pemimpin memberikan rasa hormat kepada seluruh karyawan, maka ia akan disukai dan pastinya akan menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Sebaiknya, jadikan setiap karyawan sebagai teman namun tetap dibatas wajar dan jangan sampai melebihi privasi.

Jika ingin bersikap tegas, tetap berhati-hati agar tidak melukai perasaan karyawan. Jadilah pemimpin yang ideal agar dihormati oleh setiap karyawan atau orang lain yang dipimpin.

Demikianlah beberapa ciri-ciri kepemimpinan yang baik, yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin.

Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin yang baik dan disukai oleh banyak orang, teruslah belajar dan tingkatkan keterampilan kepemimpinanmu, dengan cara mengikuti berbagai macam webinar ataupun kelas kepemimpinan.

Jadilah pemimpin yang selalu yakin dalam mengambil setiap keputusan, serta selalu siap dengan resiko yang akan muncul di kemudian hari.

Jangan lupa untuk selalu percaya kepada setiap karyawan atau anggota dalam menjalankan tugas mereka.