Eksotis nan Unik, Ketahui 10 Fakta Menarik Anggrek Hitam

Berbicara tentang tanaman tidak ada habisnya. Sebab, selalu ada banyak hal baru dan unik yang mengejutkan orang. Tak heran, fenomena ini cenderung menjadi daya tarik untuk diperbincangkan.

Salah satu tanaman yang cukup unik dan langka adalah anggrek hitam. Pasalnya, anggrek asal Papua ini dinilai berharga karena dilindungi oleh pemerintah.

Tak hanya itu, tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat lho! Ambil contoh, tanaman ini sangat efektif untuk mengurangi alergi.

Pasalnya, serbuk sari tidak akan merangsang alergi, sehingga aman bagi Anda yang memiliki alergi ringan.

Meski kaya akan manfaat, sayangnya keberadaannya kini mulai sulit ditemukan. Selain jenisnya yang tergolong langka, kepunahan tumbuhan ini juga disebabkan oleh maraknya kebakaran hutan.

Atas fenomena tersebut, pemerintah akhirnya sepakat untuk mengkategorikan anggrek hitam sebagai flora langka yang harus dilindungi. Dalam hal ini, pemerintah telah mengaturnya dalam undang-undang.

Meski begitu, ternyata masih ada saja orang yang sengaja membawanya ke luar negeri untuk diperdagangkan. Selain unik, juga sering diminati karena bentuknya yang berbeda dengan tanaman lain.

Apalagi mayoritas pecinta tanaman akan tertarik untuk merawat, bahkan membudidayakannya.

Meski keberadaannya mulai punah, tak ada salahnya mengetahui fakta unik di balik ekositis anggrek hitam, bukan?

Baca Juga: Ada Jaguar, 10 Hewan yang Ternyata Suka Hidup di Lahan Basah

1. Hanya di Indonesia

(kredit foto: pexels/olga)

Anggrek hitam merupakan tanaman yang unik dan satu-satunya di dunia. Tak bisa dipungkiri, saat melihat tanaman ini, kesan yang muncul adalah elegan. Karena memesona, tak sedikit pecinta anggrek yang jatuh hati dengan tanaman yang satu ini.

Karena menjadi satu-satunya di dunia, tak sedikit loh dari para pedagang nakal yang menjualnya ke luar negeri.

Memang, melalui transaksi tersebut membuatnya semakin dikenal oleh manca negara. Namun keberadaannya mulai terancam karena sulit berkembang biak.

2. Berasal dari beberapa daerah

Eksotis dan Unik, Ketahui Fakta Menarik tentang Anggrek Hitam.  Tertarik untuk Membelinya?

(foto: pexels/sonny)

Tak hanya dari Papua, ternyata anggrek hitam juga lahir di Kalimantan dan Sumatera. Namun, ada perbedaan dari masing-masing daerah.

Umumnya, bagian tengah anggrek hitam Papua memiliki warna terang dan sulit berkembang biak.

Biasanya tanaman ini tumbuh di dataran yang bersuhu 30-35 derajat Celcius. Fyi, Anggrek hitam Papua bisa dikatakan istimewa. Karena tanaman ini memiliki julukan api iran.

Berbeda dengan anggrek Papua, anggrek Kalimantan cenderung memiliki aroma yang kuat, tumbuh di dataran rendah dan memiliki kelopak yang berwarna hijau.

Namun, warna putik anggrek hitam kalimantan cenderung hitam pekat. Menariknya, tanaman ini bisa hidup di pohon-pohon tua seperti di sekitar pantai dan rawa-rawa.

3. Karena langka, harganya lumayan mahal

Eksotis dan Unik, Ketahui Fakta Menarik tentang Anggrek Hitam.  Tertarik untuk Membelinya?

(foto: pexels/alexander)

Tidak bisa dipungkiri, semua hal yang langka dan unik tentunya memiliki nilai jual. Begitu juga dengan anggrek hitam. Siapa sangka, tanaman ini bisa menembus Rp. 100 juta, lho! Nilai ini melebihi upah minimum bukan?

4. Mulai punah, tanaman ini cenderung dilestarikan

Eksotis dan Unik, Ketahui Fakta Menarik tentang Anggrek Hitam.  Tertarik untuk Membelinya?

(foto: pexels / dominika)

Karena tampilannya yang berbeda dengan jenis anggrek lainnya, tak sedikit loh dari para kolektor yang melestarikan tanaman ini. Apalagi keberadaannya sudah mulai punah sehingga semakin dijaga agar bisa berkembang biak.

Pemerintah juga berperan dalam melindungi tanaman ini. Terbukti, pemerintah telah sepakat untuk mengkategorikannya sebagai tanaman langka.

5. Tumbuh bergantung pada kehidupan di bawah terik matahari

Eksotis dan Unik, Ketahui Fakta Menarik tentang Anggrek Hitam.  Tertarik untuk Membelinya?

(foto: pexels/lukas)

Percaya atau tidak, anggrek hitam akan tumbuh dengan cepat jika ditanam di tempat yang terkena sinar matahari.

Namun tanaman ini masih bisa tumbuh di dataran yang berada pada ketinggian 1000-1500 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, kelembaban yang dibutuhkan berkisar antara 60% – 80%.

Baca juga: Berbagai Bentuk dan Warna, 10 Ide Membuat Kartu Nama Sendiri

6. Berbunga pada waktu tertentu

Eksotis dan Unik, Ketahui Fakta Menarik tentang Anggrek Hitam.  Tertarik untuk Membelinya?

(Foto: piksel / teona)

Anggrek hitam biasanya akan berbunga pada bulan Maret – Juni dengan wangi yang autentik. Tidak hanya itu, rata-rata panjang daun antara 40-50 cm dengan lebar 2-10 cm.

Inilah yang membedakan anggrek hitam dengan tanaman lainnya, bukan?

7. Harus rela masuk ke pedalaman hutan

Eksotis dan Unik, Ketahui Fakta Menarik tentang Anggrek Hitam.  Tertarik untuk Membelinya?

(foto: pexels/eva)

Meski berasal dari Papua, nyatanya anggrek hitam tidak mudah ditemukan. Untuk mendapatkan tanaman ini, Anda diharuskan masuk ke pedalaman hutan Papua.

Ya! Kamu juga harus rela melewati teriknya matahari dan tantangan lain yang kamu temukan di hutan.

8. Berbeda dengan tanaman lain, anggrek hitam membutuhkan perawatan khusus

Berbeda dengan tanaman lain

(foto: pexels/marten)

Meski bernilai tinggi, nyatanya perawatannya cukup rumit dan membutuhkan ketelitian. Hal ini dikarenakan teknik perawatan tanaman ini cenderung tinggi, sehingga jika tidak dirawat dengan baik akan cepat mati.

Tanaman ini juga membutuhkan kelembaban dan sinar matahari yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesehatan lingkungan agar tanaman tersebut dapat tumbuh dan dirawat.

9. Obat segala penyakit

Obat segala penyakit

(foto: pexels/edward)

Tak hanya cantik, anggrek hitam ternyata bisa menjadi obat berbagai penyakit. Misalnya seperti obat anti diare, obat maag juga ampuh mengatasi mual. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini semakin banyak diburu karena khasiatnya yang luar biasa.

Namun, Anda harus berusaha ekstra untuk mendapatkan tanaman ini. Karena keberadaannya mulai sulit ditemukan, Anda juga harus berhati-hati dengan tanaman palsu.

10. Tumbuh dalam rumpun

Tumbuh dalam kelompok

(foto: pexels/hani)

Anggrek hitam akan tumbuh bergerombol. Setiap tanaman dalam rumpun membentuk akar tunggal yang menghubungkan satu sama lain. Nanti akan muncul tunas baru dan batang akan membengkak.

Itulah 10 fakta menarik di balik eksotisme anggrek hitam. Meski keberadaannya jarang ditemukan, namun penting bagi kita untuk menjaga kelestariannya. Ya, semoga tanaman ini tidak punah.