Harus Diketahui, 5 Hal Saat Mengucapkan “Halo” dalam Bahasa Korea –

Tak dipungkiri lagi jika Korea Selatan sudah mengambil banyak perhatian orang-orang yang ada di dunia.

Khususnya di bidang hiburan, lagu, drama hingga film dihiasi oleh penyanyi dan artis dari negeri gingseng tersebut. Bahkan tak segan-segan orang belajar bahasa Korea dengan cara mendengar lagu ataupun melihat drama Korea.

Dalam belajar bahasa, lazim memulai dengan kata Halo, kata sapaan yang digunakan untuk menyambut seseorang. Bisa digunakan saat bertemu ataupun telepon satu dengan yang lainnya.

Uniknya, kata ‘Halo’ dalam Bahasa Korea memiliki banyak padanan kata. Dimana penggunaannya juga berbeda-beda.

Untuk itu sebelum menggunakannya, ada baiknya mengerti 5 hal berikut ini. Agar dalam mengucapkan kata ‘Halo’ kepada orang Korea tidak salah arti.

Baca juga: 3 Cara Memainkan Akor Bm Gitar, Gak Susah Kok

1. Bahasa Korea dalam formal, standar, dan informal

(foto: womensweekly)

Seperti halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Korea juga memiliki beberapa versi yaitu formal, informal, dan standar. Dimana setiap versi memiliki penggunaan masing-masing.

Dalam versi formal menggunakan 안녕하십니까? (annyeonghasimnikka) yang dipakai untuk melakukan pengumuman, pidato ataupun berita.

Kata ini bisa dipakai kapanpun tanpa mengacu pada pagi, sore ataupun malam. Selain itu, annyeonghasimnikka digunakan untuk penghormatan tertinggi pada orang lain.

Kalau versi standar sering didengar di drama Korea yaitu 안녕하세요 (annyeonghaseyo).

Dalam penggunaan, kata ini dipakai untuk menyapa rekan bisnis baru, pegawai toko ataupun guru bahasa Korea. Bisa digunakan juga saat bertemu dengan kenalan yang baru saja bertemu.

Sedangkan dalam versi informal 안녕 (annyeong). Versi ini digunakan untuk orang yang memiliki pangkat sosial yang lebih rendah serta digunakan kepada teman dekat saja.

2. Cara lain berkata ‘halo’

5 Hal yang Harus Diketahui Saat Mengucapkan "Halo" dalam Bahasa Korea

(foto: dramabeans)

Selain kata-kata diatas, ada beberapa kata yang bisa digunakan sebagai sapaan yang berfungsi sebagai kata sapaan ‘halo’ juga.

Setidaknya ada 5 kata yang bisa digunakan, diantaranya 좋은 아침 이에요 (joeun achimieyo) yang juga berarti ‘selamat pagi’ dan digunakan meynapa teman atau orang yang lebih tua.

잘 잤 어요? (jal jasseoyo) berarti ‘apakah kamu tidur nyenyak?’ Frasa ini digunakan untuk orang yang tidak begitu kenal.

Ada juga 오랜만 이에요 (oraenmanieyo) yang digunakan ketika bertemu teman di jalan, maknanya ‘lama tidak bertemu’.

Untuk versi yang lucu dan imut, gunakan 안뇽 (annyong) dan terakhir 밥 먹었 어요? (bap meogeosseoyo) yang digunakan kepada orang yang kenal baik.

3. Cara menulis ‘hi’ atau ‘hello’ 

5 Hal yang Harus Diketahui Saat Mengucapkan "Halo" dalam Bahasa Korea

(foto: pinterest)

Jika sudah belajar frasa kata, kini saatnya belajar menulis kata hai atau hello dalam bahasa Korea. Berguna banget untuk menyapa dalam teks pesan.

Untuk mengungkapkan kata ‘hai’ bisa gunakan 하이 (hi) atau 안녕 (annyeong), dimana penggunananya informal ya. Digunakan untuk orang yang lebih muda atau status sosial lebih rendah.

Cara standar yang bisa dilakukan dengan menulis 헬로 (halo) atau 안녕하세요 (annyeonghaseyo). Sedangkan untuk formal gunakan saja 안녕하십니까 (annyeonghasimnikka).

Baca juga: 10 Desain Tempat Duduk Teras, Bikin Nyaman Seharian

4. Cara menyapa

5 Hal yang Harus Diketahui Saat Mengucapkan Sapaan

(foto: toughtco)

Setelah mendapatkan kata-kata yang tepat, cara yang lazim digunakan orang Korea adalah dengan membungkukkan badan. Sambil mengucapkan kata sapaan yang telah dipelajari di atas.

5. ‘Halo’ untuk menyapa di telepon

5 Hal yang Harus Diketahui Saat Mengucapkan Sapaan

(foto: bangkokpost)

‘Halo’ yang terakhir adalah sapaan di telepon yang ternyata berbeda dibanding sapaan saat bertemu ataupun tulisan.

Karena tak tahu siapa yang telepon maka gunakan kata 여 보세요 (yeoboseyo). Tapi selalu ingat ya, hanya bisa digunakan di telepon bukan saat bertemu langsung.

Itu adalah serba-serbi kata ‘Halo’ dalam bahasa Korea. Mulai sapaan secara formal, informal, dan standar hingga penggunaan dalam telepon.