Intip 10 Olahraga Paling Aneh di Dunia, Ada yang Jadi Tradisi

Aktivitas olahraga memang wajib dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Misalnya melakukan jogging, senam, yoga, dan lainnya.

Meskipun banyak olahraga terkenal dan biasa dipraktekkan, rupanya ada beberapa olahraga aneh di dunia. Hanya dengan melihatnya saja membuat penonton geleng-geleng kepala.

Olahraga-olahraga ini juga menyehatkan tetapi juga extrim dan menakutkan. Untuk beberapa negara menganggapnya sebagai tradisi.

Selain itu, banyak turis yang mampir ikut mencobanya. Penasaran bagaimana 10 olahraga paling aneh di dunia, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Unik & Kreatif, 10 Trik yang Wajib Pengguna Handphone Ketahui

1. Blind football (sepak bola buta)

(foto:instagram/aballforall.eu)

Sepak bola dinobatkan sebagai olahraga paling diminati dan populer didunia. Olahraga yang satu ini tergolong aneh karena memerlukan skill khusus berupa intuisi. Pasalnya, pemain blind football wajib menutup matanya ketika berada dalam pertandingan.

Rupanya sepak bola buta sudah eksis di negara-negara Eropa sejak dulu. Faktanya sampai kini masih menjadi trend bagi kelompok penyandang tunanetra sebagai pemain. Namun, tidak dengan penjaga gawang dibutuhkan seseorang yang dapat melihat.

Sepak bola buta ini disebut sebagai permainan simple seperti sepak bola secara umum. Anggota tim juga sama yaitu 11 orang.

Bedanya, olahraga yang satu ini menggunakan bola khusus yang berisi kelereng maupun koin. Sehingga, para penyandang tunanetra mampu mendeteksi keberadaan bola dengan pendengarannya.

2. Wife-carrying (lomba menggendong istri)

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/wifecarrying)

Menggendong istri di rumah mungkin sudah biasa. Namun, bayangkan jika ini menjadi olahraga dan dipertandingkan. Seperti yang terjadi di Finlandia ini sangat menarik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Seorang suami wajib melewati banyak rintangan sembari menggendong sang istri. Mereka harus menggendong istri dengan cara yang sama sampai melewati garis finis. Kebayangkan bagaimana keseruannya!

3. Bossaball

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/nmlkteam)

Bossball merupakan olahraga asli dari Spanyol. Awal mula kehadiran bossaball kurang diminati karena dianggap terlalu memacu adrenalin.

Sebenarnya bossaball menggabungkan 2 olahraga loh, yaitu voli dan trampolin. Uniknya lapangan bossabal berupa trampolin yang membuat para pemain meloncat tinggi.

Cara mainnya terbilang mudah, bentuk satu tim yang berisi 3-5 orang pemain, wasit, dan net. Serupa pula dengan voli, ada gerakan smash dan servis.

Melakukan bossaball cukup menguras stamina karena tidak hanya berpindah tempat juga membuat pemain melompat berkali-kali.

4. Musang dalam celana

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/deriubaedillah)

Olahraga umumnya dilakukan dengan menggerakkan badan. Bayangkan di daerah Yorkshine, Inggris ada olahraga tradisional yang aneh dan sebenarnya tidak aman.

Semua pemainnya yang berjenis kelamin laki-laki akan memasukkan seekor musang di dalam celana. Lebih ekstrimnya ujung celana wajib diikat agar musang tidak kabur.

Para lelaki ini harus melakukan tetap bertahan sambil melakukan aktivitas lain supaya hewan tersebut tidak menggigit bagian vital.

Pemenangnya dinilai dari siapa yang sanggup mempertahankan musang dalam celana dengan waktu paling lama.

Rupanya pada tahun 1981 Reg Mellor dinobatkan sebagai pemegang top score karena bisa mempertahankan musang dalam waktu 5 jam 30 menit.

5. Underwater hockey (hoki bawah air)

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/h2o_globe)

Olahraga hoki memang menarik dan biasa dipraktikkan di atas lapangan es ataupun rumput. Tetapi yang satu ini berbeda karena lapangannya di bawah air, tentu saja memanfaatkan kolam renang.

Syarat untuk menjadi pemainnya harus bisa berenang dan menyelam dalam waktu cukup lama. Faktanya beberapa negara di Eropa sudah familiar dengan underwater hockey. Sedangkan, Indonesia sendiri baru mengenalnya pada tahun 2010.

Baca juga: Mengagumkan, 10 Patung dari Logam Bekas Karya Seniman Midwest

6. Toe wrestling (gulat jempol kaki)

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/girls_toewrestling)

Pertandingan gulat yang mengandalkan otot tubuh sudah biasa. Berbeda dari olahraga aneh ini yang cukup menggunakan jempol kaki. Negara pertama yang mempopulerkannya adalah Inggris sejak tahun 1974.

Dua orang pemain toe wrestling ini harus melewati 3 babak pertandingan. Biasanya yang keluar sebagai pemenang adalah pemain dengan tulang jempol kaki terkuat.

7. Senam laughercise

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/thisisevansyah)

Olahraga senam sejak dulu populer di semua penjuru dunia. Gerakkan badan dari pola senam ini sangat menyehatkan, namun beda dengan senam laughercise. Sesuai namanya, senam ini dilakukan hanya dengan tertawa agar mengurangi stress.

Gerakan tertawanya juga berbeda-beda tidak hanya satu macam. Seperti senam laughercise yang diperkenalkan dari Amerika Serikat memang diawali dengan paksaan tertawa. Manfaatnya juga nyata membuat otot perut wanita bertambah seksi dan pria menjadi kotak-kotak.

8. Chess boxing (tinju catur)

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/happenstancecoffeedotcom)

Boxing merupakan salah satu olahraga paling digemari kaum adam. Kalau chess boxing agak berbeda karena menggabungkan tinju dan permainan catur. Pertama kali tinju catur diperkenalkan oleh Enki Bilal seorang seniman Prancis.

Uniknya ronde boxing aneh tersebut sangat variatif berjumlah 11 ronde. Terdiri dari 5 ronde tinju dan 6 ronde khusus permainan catur.

Sehingga, pemainnya tidak hanya mengandalkan otot saja, tetapi juga otak dan kepiawaian bermain catur. Sampai sekarang chess boxing masih populer di masyarakat Inggris, India, Jerman, dan Rusia.

9. Menggelindingkan keju

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/andylloyde)

Keju dan olahannya menjadi menu makanan populer yang kaya gizi. Tetapi, bagi orang Inggris keju dimanfaatkan sebagai alat olahraga. Bayangkan saja di Bank Holiday, wilayah Inggris menggelindingkan keju menjadi olahraga tradisional.

Olahraga yang terlihat aneh ini eksis dari 200 tahun lalu hingga sekarang. Biasanya dilakukan pada musim semi, para pemain berkumpul diatas puncak Coopers Hill.

Para wasit menggelindingkan keju berbentuk roda menuju dasar bukit. Nah para peserta yang akan memburu keju-keju tersebut. Pemenangnya adalah peserta yang cepat melewati garis finish.

10. Treadmill Dance

10 Olahraga Paling Aneh di Dunia

(foto:instagram/dancefloorgeneva)

Di dunia fitness menggunakan treadmill bukan hal asing lagi. Di negara bagian Amerika menjadi awal mula kemunculan treadmill dance. Berolahraga menggunakan alat ini terbilang unik sebab diikuti dengan gerakan menari yang bervariasi.

Seperti itulah kesepuluh olahraga yang tergolong aneh didunia. Umumnya masih dilakukan hingga sekarang dan menjelma menjadi tradisi. Beberapa olahraga aneh ini ada juga dikategorikan ekstrim.