8 Jenis Aglaonema, Tanaman Hias Cantik dan juga Romantis

Ada beberapa jenis aglaonema yang bisa kamu tanam dan dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan. Masing-masing jenisnya memiliki corak dan warna daun berbeda.

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak jenis varietas dengan corak dan warna daun berbeda.

Tanaman hias yang memiliki nama latin Chinese Evergreens ini banyak digemari oleh pecinta tanaman hias karena cukup mudah untuk merawatnya.

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar orang memiliki hobi menanam tanaman hias. Hobi tersebut dianggap sebagai hal positif, sebab bisa memberikan manfaat, baik keindahan maupun kesehatan.

Merawat tanaman hias bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih indah. Tanaman tersebut bisa diletakkan di luar maupun di dalam ruangan agar memiliki nilai estetika tinggi.

Tidak hanya untuk keindahan rumah, tanaman hias juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan.

Sebab, tanaman yang di tanam di dalam maupun di luar ruangan mampu memberikan oksigen sehingga kita bisa menghirup udara segar saat bernapas.

Manfaat lain yang tak kalah pentingnya adalah merawat tanaman hias mampu memberikan ketenangan pikiran. Maka tak heran jika berkebun maupun menanam tanaman hias mampu menghilangkan stress.

Apalagi selepas pulang kerja ataupun beraktivitas berat, kemudian mata disuguhkan dengan keindahan dari tanaman yang kita tanam, seketika rasa lelah hilang dan mood pun kembali baik.

Tanaman hias aglaonema menjadi pilihan yang tepat untuk dipelihara di dalam maupun di luar, sebab keunikan corak dan warna daunnya mampu memberikan kesan indah.

Selain itu, bagi kamu yang masih pemula dalam hal menanam tanaman hias, aglaonema sangatlah cocok. Sebab, cara merawat tanaman satu ini sangatlah mudah.

Tanaman hias ini bisa hidup dengan cahaya matahari yang rendah, dan bisa tumbuh dengan mudah. Tampilannya yang cantik dan indah sehingga sangat cocok ditanam di dalam ruangan, seperti dalam rumah ataupun kantor.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis aglaonema, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 10 Organ Penyusun Sistem Pernapasan Beserta Fungsinya

1. Super White

(foto: istockphoto)

Sesuai namanya, aglaonema super white hampir seluruh daunnya berwarna putih. Di bagian tepi berwarna hijau, namun hanya sedikit.

Karena keunikan daun tersebut, maka tak heran jika jenis tanaman hias masuk ke dalam salah satu tanaman langka, dengan harga jual yang sangat mahal.

Super white ditanam dalam pot dengan tanah humus atau tanah kompos. Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari, sehingga bisa diletakkan ditempat teduh seperti ruangan.

Untuk penyiraman ya, sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Jangan terlalu sering disiram agar batangnya tidak busuk.

2. Aglaonema Tiara

8 Jenis Aglaonema, Tanaman Hias Cantik dan juga Romantis

(foto: istockphoto)

Jenis aglaonema yang selalu menjadi primadona adalah aglaonema tiara. Hal ini dikarenakan jenis tanaman ini memiliki kecantikan dan keindahan yang tiada tara dan sering memenangkan perlombaan.

Dikatakan sebagai aglaonema tiara sebab memiliki warna terang pada tulang daunnya, yang jika terkena cahaya akan bersinar seperti mutiara

Bentuk daunnya langsing namun rimbun. Warna dasarnya hijau tua, terdapat bintik-bintik warna kuning di tengahnya, serta warna merah menyala atau pink di bagian tulang daun.

Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang bisa dikatakan cepat. Tanaman ini juga mudah dikembang biakkan karena tunasnya mudah tumbuh, serta anakannya tumbuh subur di dekat induknya.

Cara merawatnya agar tetap terlihat indah adalah usahakan selalu membersihkan daunnya dengan lap basah. Hal ini bertujuan agar warna menyala pada daunnya tetap bersinar indah.

3. Aglaonema Creta

8 Jenis Aglaonema, Tanaman Hias Cantik dan juga Romantis

(foto: istockphoto)

Jika kamu ingin menghias ruangan dengan tanaman hias anggun dan kalem, tanaman hias inilah pilihannya. Aglaonema Creta memiliki pesona yang mampu membuat penikmatnya terkagum-kagum.

Daunnya yang cantik, rimbun, dan berwarna indah sangat cocok jika diletakkan di ruanganmu, baik kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja, ruang keluarga ataupun ruangan lainnya. Kesan anggun nan mewah yang dihadirkan, mampu membuatmu terpikat.

Daun tanaman hias ini didominasi oleh warna hijau tua dengan bingkai warna pink di bagian sisinya. Sementara, di bagian tengah terdapat bintik-bintik berwarna krem pucat dan merah muda terang.

Untuk merawat aglaonema creta, usahakan untuk menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung.

Gunakan tanah organik dan beri pupuk secukupnya. Perlu diingat, tanaman ini jangan terlalu disiram agar tidak cepat membusuk.

4. Aglaonema Claudia

8 Jenis Aglaonema, Tanaman Hias Cantik dan juga Romantis

(foto: istockphoto)

Jika jenis aglaonema sebelumnya identik dengan warna pink cerah, berbeda dengan aglaonema claudia yang hanya di dominasi oleh warna hijau, dan kuning dibagian tengahnya.

Bentuk daun tanaman hias ini adalah oval namun mendekati bulat dengan ujungnya yang runcing. Permukaan daunnya halus dengan tulang menonjol warna putih di tengahnya.

Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman hias ini, kamu bisa merawatnya dengan cara yang sama seperti jenis yang lain.

Kamu juga bisa meletakkannya di dekat jendela sebab tanaman ini sangat cocok diletakkan di tempat yang bisa menghadap langsung ke arah luar.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Cara Alami hingga Modern

5. Pride of Sumatera

8 Jenis Aglaonema, Tanaman Hias Cantik dan juga Romantis

(foto: istockphoto)

Aglaonema pride of Sumatera merupakan jenis aglaonema generasi pertama, sebelum dikembangkan menjadi berbagai jenis dengan corak yang semakin menarik.

Bentuk daun tanaman hias ini adalah oval memanjang dengan bentuknya yang amat kokoh. Warna batangnya merah, pink, serta hijau. Sementara, daunnya berwarna merah menyala.

Jenis aglaonema ini terbilang cukup langka karena susah menemukannya. Terkadang, tanaman ini juga disebut sebagai tanaman liar yang memiliki keunikan dan keindahan.

6. Aglaonema Red Ruby

Red Ruby

(foto: istockphoto)

Sesuai namanya, jenis aglaonema ini memiliki warna dominan merah menyala. Daunnya berbentuk oval besar dengan warna merah dan hijau di bagian sisinya. Sementara, tangkainya berwarna hijau.

Permukaan daunnya cukup tipis dan halus. Tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias yang ditanam di taman rumah bersama jenis tanaman lainnya.

7. Aglaonema Red Valentine

Red Valentine

(foto: istockphoto)

Aglaonema red valentine hampir sama dengan red Ruby, yakni sama-sama memiliki warna dominan merah. Bentuk daun tanaman ini adalah oval dan besar.

Warna daun yang masih muda adalah merah jambu, namun ketika sudah memasuki usia matang, warnanya berubah menjadi merah terang.

Dikatakan sebagai aglaonema red valentine sebab warna daun yang dimiliki berasal dari perpaduan antara merah terang dengan merah muda, serta warna hijau dibagian tepinya.

Campuran warna tersebut memberikan kesan romantis sama seperti sepasang kekasih yang sedang merayakan hari kasih sayang.

8. Aglaonema Nitidium

Nitidium

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang ingin menanam aglaonema namun dengan budget terbatas, kamu bisa memilih jenis nitidium. Pasalnya, jenis ini dibandrol dengan harga terjangkau namun keindahannya masih tetap terjaga.

Bentuk daunnya panjang dan langsing dengan warna hijau tua di bagian pinggir, serta hijau muda di bagian tengah.

Tidak sama dengan jenis aglaonema lainnya, tanaman ini tidak memiliki corak atau bercak pada daunnya. Hanya tulang daunnya saja berwarna putih kekuningan.

Jenis aglaonema ini tidak membutuhkan cahaya matahari yang terlalu banyak, sehingga bisa kamu tanam di dalam ruangan kamar ataupun ruangan tertutup lainnya.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa jenis aglaonema yang bisa kamu pilih sebagai hiasan rumahmu.

Setiap jenis tanaman hias tersebut memiliki keindahan warna dan fungsi yang berbeda. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan warna yang kamu suka.

Jika kamu ingin menanam tanaman hias ini, maka sebaiknya selalu dirawat agar keindahan daunnya tetap terjaga.