10 Jenis Ikan Favorit yang Bisa Dikonsumsi di Indonesia

Beberapa tahun terakhir, Indonesia banyak imbauan untuk makan ikan. Mulai dari ikan air tawar sampai ikan laut, semuanya bisa jadi hidangan favorit di rumah.

Nutrisi yang terkandung di dalmnya juga sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

Tekstur lembut pada daging dan juga rasa gurihnya memang menggoda untuk dicicipi. Mulai dari warung makan pinggir jalan sampai restoran mewah pun menyediakan menu berbahan dasar ikan, dengan berbagai cara memasak.

Dari banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi, beberapa di antaranya sangat populer dan paling disukai masyarakat Indonesia. Kali ini kita akan mengulas secara singkat jenis-jenis ikan favorit di Indonesia.

Baca juga: Inilah 6 Jenis Dialek yang Ada di Korea Selatan

1. Nila

(foto: selerasa)

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat. Habitat aslinya adalah di sungai, tapi masyarakat biasa mengembangbiakkan nila di kolam air tawar.

Selain di sungai, ikan nila juga banyak yang bisa hidup di danau. Bukan hanya dijual di rumah makan dengan cara digoreng atau dibakar, dagingnya juga bisa dijual ketika masih segar.

2. Gurame

10 Jenis Ikan Favorit yang Bisa Dikonsumsi di Indonesia

(foto: kompas)

Ikan gurame memiliki nama ilmiah Osphronemus goramy. Selain di Indonesia, gurame juga terkenal di Asia Tenggara sampai ke India.

Ikan air tawar ini juga banyak dipelihara di dalam aquarium atau kolam rumahan. Tekstur dagingnya cukup padat dan durinya cukup besar, sehinggaa cukup mudah untuk mengolahnya.

3. Ikan gabus

10 Jenis Ikan Favorit yang Bisa Dikonsumsi di Indonesia

(foto: cookpad)

Di Indonesia, ikan gabus juga biasa disebut ikan kutuk atau ikan bocek. Ikan yang habitatnya di air tawar ini juga merupakan predator. Cara budidaya ikan gabus tidak perlu waktu terlalu lama.

Yang awalnya berukuran 5-7 cm, dalam kurun waktu 6 bulan bisa memanen 5 ekor per kg. Selain nila dan gurame, ikan gabus juga termasuk yang paling banyak dicari di pasaran.

4. Patin

10 Jenis Ikan Favorit yang Bisa Dikonsumsi di Indonesia

(foto: harianmu)

Keunikan ikan patin adalah terlihat memiliki kumis. Ikan yang tergolong genus Pangasius ini sering disebut ikan dori.

Meskipun realitanya ikan patin tidak sama dengan ikan dori. Patin lebih gampang didapatkan dengan harga ekonomis. Rata-rata harganya puluhan ribu rupiah per kg.

5. Lele

10 Jenis Ikan Favorit yang Bisa Dikonsumsi di Indonesia

(foto: detik)

Lele adalah salah satu ikan air tawar yang juga banyak ditemukan di warung makan. Ciri khas ikan lele adalah bentuknya yang pipih, licin, dan punya kumis atau sungut yang mencuat dari sekitar mulutnya.

Ternak lele bisa dilakukan di pekarangan rumah, yaitu di dalam kolam atau dalam drum.