Alat Musik Kastanyet, Cara Memainkan Beserta Fungsinya

Kastanyet merupakan alat musik yang masuk ke dalam kategori alat musik ritmis. Alat musik merupakan benda yang menghasilkan bunyi indah, yang dimainkan dengan cara dipukul, dipetik, ditiup, dan digesek.

Ada banyak alat musik yang biasa dimainkan, sepeti gitar, drum, piano, dan alat musik lainnya. Alat musik tersebut dinamakan alat musik modern.

Tidak hanya itu, ada pula beberapa alat musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi lagu dan tari tradisional seperti angklung, seruling, kendang, gamelan, dan masih banyak lainnya, yang disebut sebagai alat musik tradisional.

Berdasarkan jenisnya, alat musik dibagi menjadi tiga, yakni alat musik harmonis, alat musik melodis, dan alat musik ritmis.

Ketiga jenis alat musik tersebut memiliki fungsi dan perbedaan dalam menghasilkan bunyi yang terbentuk dalam sebuah musik.

Sebelum memasuki pembahasan lebih jauh tentang kastanyet, apakah kamu sudah tahu, apa itu alat musik ritmis?

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada namun sangat membantu dalam menciptakan harmoni.

Tidak hanya itu, alat musik ini juga dapat menghasilkan bunyi unik yang tidak pernah kamu dapatkan dalam alat musik melodis maupun harmonis.

Kamu bisa mengetahui secara langsung mengenai alat musik ritmis dengan cara memainkan kastanyet. Lantas, apa itu kastanyet?

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui, Wajib Diketahui

Mengenal kastanyet serta keunikannya

(foto: instagram)

Kastanyet merupakan salah satu alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.

Keunikan dari alat musik ini adalah bentuknya yang kecil mirip seperti kerang namun bisa menghasilkan suara dari badannya sendiri saat saling dipukul.

Keunikan lainnya adalah saat alat musik ini saling beradu, maka suara yang dihasilkan seperti suara tepuk tangan, akan tetapi lebih keras.

Karena termasuk alat musik ritmis, tentu saja suara yang dihasilkan tidak bernada.

Bahan untuk membuat alat ini dibagi menjadi dua jenis, yakni  sepasang kayu keras seperti kayu delima untuk jenis tradisonal,

Sementara, untuk jenis modern saat ini sudah dimodifikasi menjadi sedikit lebih bagus, yang terbuat dari bahan aluminium, kaca, marmer, plastik, hingga gading yang tentu saja bentuknya lebih bagus dan menarik.

Kedua jenis bahan tersebut  dibentuk menempel seperti kerang terbuka. Ada tambahan tali kecil yang berfungsi sebagai pegangan saat dimainkan.

Alat musik ini biasanya masuk ke dalam materi pelajaran musik di sekolah. Namun, hanya berupa penjelasan materi saja tidak disertai dengan praktek.

Bagian-bagin kastanyet

Bagian-bagian dari kastanyet, cara memainkan beserta fungsinya.

(foto: instagram)

Walaupun memiliki bentuk teramat kecil tidak seperti alat musik lainnya, namun ada beberapa bagian penting di dalamnya yang wajib kamu ketahui.

bagian pertama terdapat orejillas yakni tonjolan yang ada pada kedua sisi. Bagian ini berfungsi untuk memudahkan jari tangan memegang kastanyet saat dimainkan.

Bagian selanjutnya adalah cocha, yaitu badan kastanyet itu sendiri yang juga disebut sebagai bagian utama.

Selanjutnya adalah bagian sisi kastanyet yang nantinya akan menghasilkan musik ketika dipukul, bagian ini disebut dengan labios.

Terakhir adalah bagian cekungan yang disebut dengan corazon. Bagian ini dikatakan sangat penting sebab menjadi faktor penentu bunyi yang dikeluarkan pada saat kastanyet dimainkan.

Cara memainkan kastanyet

Bagian-bagian dari kastanyet, cara memainkan beserta fungsinya.

(foto: instagram)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara memainkannya adalah dengan memukul atau menabuh kedua sisi.

Untuk lebih jelasnya, pertama-tama pilihlah kastanyet yang ukurannya sesuai dengan tangan. Hal ini bertujuan agar alat ini mudah untuk dipegang.

Selanjutnya, letakkan hembra atau kastanyet yang memiliki suara tinggi di tangan kanan. Sementara, kastanyet bersuara rendah disebut dengan macho, diletakkan di tangan kiri.

Kemudian, jangan lupa untuk melihat tali sudah terpasang dengan benar atau belum. Tali kastanyet harus terpasang dengan benar, jika terlalu kencang maka bunyi yang dihasilkan tidak akan nyaring dan bersih.

Sebaliknya, jika tali terpasang longgar maka resiko jatuhnya kastanyet saat dimainkan semakin tinggi.

Setelah itu, bunyikan kastanyet hembra dengan cara mengetukkan jari kelingking hingga jari telunjuk pada bagian atas kastanyet.

Sementara, untuk membunyikan kastanyet macho, jari tengah dan jari manis mengetuk bagian atasnya.

Saat keduanya dimainkan secara bersamaan, maka bunyi yang dihasilkan akan memilki ritme yang sama sehingga tercipta musik yang harmonis.

Baca juga: 4 Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Fungsi alat musik kastanyet

Fungsi alat musik

(foto: instagram)

Konon, alat musik ini dimainkan oleh suku bangsa yang ada di Spanyol, Turki, Yunani, dan Italia.

Namun, seiring berjalannya waktu, alat musik ini hanya dimainkan oleh orang-orang Spanyol saja, bahkan diklaim sebagai warisan budaya mereka.

Warga Spanyol menggunakan kastanyet sebagai pengiring tarian Flamenco yang dimainkan bersama gitar akustik. Biasanya, alat musik ini dipegang dan dimainkan oleh wanita saat menari.

Selain digunakan sebagai pengiring tarian flamenco, rupanya alat musik unik ini juga memiliki sederet fungsi lainnya.

1. Mengatur tempo

Sebuah lagu akan terdengar sangat indah jika dinyanyikan dengan tempo yang tepat. Tidak sedikit penyanyi merasa kebingungan dalam mengatur tempo saat bernyanyi.

Kastanyet bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk mengatur tempo sebuah lagu, sehingga musik yang dihasilkan menjadi harmonis.

2. Penanda masuk ke sebuah lagu

Fungsi selanjutnya adalah sebagai penanda masuk ke sebuah lagu yang sedang dimainkan.

Biasanya, seorang komposer akan menggunakan alat musik ritmis untuk dijadikan sebagai patokan atau penanda masuk ke bagian lagi sepeti intro, verse, dan reff.

Tidak hanya itu saja, kastanyet yang masuk ke dalam kategori alat musik ritmis juga mampu membantu membentuk harmonisasi pada sebuah orkestra sehingga menghasilkan suara yang indah.

3. Pengiring lagu

Mengingat fungsi dari alat musik ritmis yang bisa dijadikan sebagai pelengkap dari sebuah musik atau lagu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kastanyet juga bisa digunakan sebagai pengiring lagu agar terdengar lebih hidup dan bagus ketika dimainkan.

Hal ini dikarenakan, alat musik ini memiliki fungsi sebagai pengatur tempo, sehinga otomatis juga bisa dijadikan sebagai pengiring lagu.

4. Koreografi

Koreografi atau gerakan tari tidak hanya diiringi oleh musik melodis maupun musik harmonis saja. Nyatanya, alat musik ritmis khususnya kastanyet juha memiliki peranan penting dalam mengiringi sebuah tarian.

Kastanyet digunakan untuk mengatur tempo gerakan sehingga sesuai dengan iringan musik. Selain itu, juga digunakan sebagai penanda pergantian gerakan, dari gerakan satu ke gerakan lainnya.

5. Harmonisasi

Dalam sebuah instrumen musik atau lagu, harmonisasi akan semakin indah didengar ketika diiringi oleh kastanyet atau alat musik ritmis yang lain.

Hal ini dikarenakan, alat musik ini akan mengeluarkan suara yang khas saat dipakai sehingga saat dipadukan dengan musik melodis ataupun harmonis, akan menghasilkan harmonisasi luar biasa.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan mengenai kastanyet beserta fungsinya. Walaupun masih cukup asing di telinga sebagian besar masyarakat, namun jenis alat musik ritmis ini memiliki ragam fungsi dalam menghidupkan sebuah musik dan lagu.

Tidak hanya itu, alat musik ini juga sangat mudah diajarkan kepada anak-anak. Mereka bisa mengenal musik ritmis sejak dini sehingga pada saat mempelajari alat musik melodis dn harmonis akan terasa lebih mudah.

Untuk mendapatkan alat musik kastanyet, kamu bisa mencarinya di toko alat musik terdekat.