10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

Maluku merupakan salah satu daerah di bagian timur Indonesia yang memiliki bentang alam yang indah. Bukan hanya alamnya yang indah, masyarakat Maluku memiliki banyak keunikan dalam tradisi dan budaya.

Tradisi dan budaya ini terbentuk dan dipengaruhi dari berbagai hal yang ada di suatu daerah, seperti keadaaan lingkungan. Tradisi dan kebudayaan ini menarik untuk diketahui dan dipelajari.

Bagaimana dengan kebiasaan masyarakatnya? Nah, berikut kebiasaan orang Maluku yang unik dan sering ditemukan sehari-hari.

Baca juga: 10 Kebiasaan Orang Jawa, Terkenal dengan Keramahannya

1. Ramah dan murah senyum kepada siapa saja

(foto: salawaku)

Walau orang Maluku sering dianggap memiliki muka yang sangar, tapi mereka sebenarnya memiliki kebiasaan untuk tersenyum. Mereka gemar tersenyum kepada siapa saja, bahkan orang yang belum dikenal sekalipun.

Orang Maluku juga memiliki senyuman yang khas. Bahkan ketika bertemu atau berpapasan di jalan, orang Maluku sering memberi salam dan juga menyapa, walaupun belum dikenal.

2. Gemar makan ikan laut

10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

(foto: merahputih)

Orang Maluku memiliki kegemaran untuk makan ikan laut. Bahkan dalam acara-acara khusus dan sehari-hari ikan tak pernah hilang dari menu makanan masyarakat Maluku.

Hal ini juga didukung dengan perairan Maluku yang kaya akan hasil laut. Dengan melimpahnya hasil laut dari perairan Maluku, masyarakat maluku dapat menikmati berbagai jenis ikan dalam setiap kondisi dan suasana.

3. Punya tradisi makan patita

10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

(foto: adira)

Tradisi makan patita merupakan tradisi makan bersama yang dilakukan masyarakat Maluku. Tradisi makan bersama ini dilakukan ketika ada hari besar seperti hari ulang tahun kota Maluku, peringatan kemerdekaan republik Indonesia dan acara istimewa lainnya.

Menu makanan dalam tradisi makan patita ini terdiri dari ragam menu seperti singkong rebus, ikan asar, papeda dan lainnya.

Tradisi makan bersama ini juga menunjukkan semangat gotong royong dan kebersamaan yang di junjung tinggi oleh masyarakat Maluku.

4. Hobi menyanyi dan punya suara yang indah

10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

(foto: beritagar)

Siapa yang tidak kenal penyanyi Glenn Fredly? Meskipun sosoknya sudah tiada, tapi karyanya tetap abadi dan tentu menjadi kebanggan daerah Maluku. Tentu suaranya sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Selain Glenn Fredly, masih banyak juga masyarakat Maluku yang memiliki suara emas dan juga memiliki suara yang khas dan unik.

5. Saat berbicara terdengar nyaring

10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

(foto: happinesseeker)

Kamu pernah mendengar ketika orang Maluku berbicara? Atau mungkin punya teman dari sana. Sebagian besar mereka akan tampak bersemangat dengan suara nyaring. Bukan hanya untuk bernyanyi, tapi juga saat bicara.

Memang benar sekali, saat ngobrol di luar ruangan, umumnya suara mereka lantang atau bahkan malah seperti orang yang berteriak-teriak emosional. Walau sebenarnya hanya ngobrol biasa saja.

Baca juga: Kisah Heroik Yang Chil Sung, Orang Korea yang Berani Mati Demi Indonesia

6. Punya tradisi malam badendang 

10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

(foto: voiceofindonesia)

Malam badendang merupakan sebuah tradisi untuk menari dan berdendang bersama. Masyarakat Maluku pada malam badendang akan menari dan berdansa tarian orlapei dan katreji dan diiringi dengan musik khas Maluku.

Tradisi budaya ini menunjukkan semangat kebersamaan yang menjadi ciri khas dan sudah erat dalam kehidupan masyarakat Maluku.

7. Mengenal tradisi pukul sapu

10 Kebiasaan Orang Maluku, Menarik untuk Diketahui

(foto: salamadian)

Tradisi pukul sapu dilakukan oleh masyarakat maluku didaerah desa Mamala, pulau Ambon. Tradisi ini dilakukan oleh kaum pria ketika satu minggu sesudah Idulfitri.

Para pria yang mengikuti tradisi ini mengenakan celana pendek dan ikat kepala tapi tidak mengenakan baju. Para pria kemudian memukul-mukul sapu lidi dari tulang daun pohon mayang.

8. Makan pisang goreng sambil minum teh manis 

pisang goreng

(foto: guideku)

Kebiasan makan pisang goreng sambil minum teh sudah melekat dalam kehidupan masyarakat Maluku. Kebiasaan ini dilakukan pada pagi dan sore hari dalam setiap kesempatan.

Tidak jarang, ketika ada para tamu yang datang berkunjung disuguhkan menu pisang goreng bersama dengan teh manis dan di santap bersama.

9. Banyak melakukan aktivitas fisik di luar

Menarik untuk Diketahui

(foto: indonesia-tourism)

Kebiasaan orang Maluku berikutnya adalah banyak aktivitas fisik di luar. Saat dilihat sekilas, mereka juga kerangka tulangnya kuat, postur tubuhnya tegap, dan juga atletis.

Aktivitas fisik yang dilakukan juga termasuk berenang dan berlayar. Karena memang luas daerah lautnya lebih besar dibanding daratannya.

10. Memasak agar bisa ‘lolos’ ujian jadi pasangan

Menarik untuk Diketahui

(foto: phinemo)

Dari berbagai kalangan usia, mayoritas masyarakat Maluku punya hobi memasak. Konon memasak bukan hanya tradisi, tapi keahlian wajib untuk dimiliki dan pantas dipuji.

Khusus buat perempuan Maluku, ada tradisi bahwa skill memasak termasuk ujian sebelum jadi istri orang. Bagaimana kira-kira menurutmu?

Nah, itulah beberapa kebiasan orang Maluku. Banyak kebiasaan yang menarik dari daerah Maluku menunjukkan keberagaman budaya masyarakat Indonesia yang khas di setiap daerah.