10 Kebiasaan Orang Sumatera, Punya Makna yang Mendalam

Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur terdiri dari banyak pulau dengan beragam adat budaya yang beragam. Bahkan di pulau yang sama terdapat banyak tradisi yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Hal inilah yang menjadikan Indonesia sangat kaya akan warisan budaya dan menarik untuk digali lebih dalam.

Di antara sekian banyak pulau, Sumatera merupakan salah satu yang terbesar dan memiliki berbagai keunikan mulai dari Aceh hingga Lampung.

Meski tidak seratus persen sama, namun masyarakat Sumatera cenderung memiliki beberapa ciri kebiasaan yang khas.

Baca juga: 10 Kebiasaan Orang Betawi yang Patut Dilestarikan

1. Sering berbicara dengan suara keras

(foto: penguasa)

Beberapa orang Sumatera dikenal dengan suaranya yang nyaring, misalnya di Sumatera Utara.

Bahkan sampaidering dianggap marah atau emosional, meskipun suara keras ini adalah efek dari kondisi geografis.

Sejak dulu, masyarakat Sumatera memiliki rumah yang jaraknya cukup jauh satu sama lain. Belum lagi struktur tanahnya yang cenderung berbukit.

Jadi, untuk berkomunikasi antara satu rumah dengan tetangga harus berteriak atau dengan suara keras.

2. Bergairah dan berani

10 Kebiasaan Orang Sumatera, Memiliki Makna Yang Dalam

(foto: hipwee)

Sebagian besar masyarakat Sumatera memiliki kesan memiliki semangat yang tinggi. Mereka bukanlah orang yang mudah terintimidasi, terutama dalam mencapai tujuannya. Semangat masyarakat Sumatera dalam kehidupan sehari-hari tidak mudah padam.

Selain itu, mereka juga dikenal pemberani. Jika mereka memiliki satu tekad, mereka tidak akan berhenti sampai tercapai.

Ini juga salah satu kualitas orang dari tanah Sumatera yang terlihat di luar negeri.

3. Suka bepergian jauh

10 Kebiasaan Orang Sumatera, Memiliki Makna Yang Dalam

(foto: merah putih)

Banyak yang sudah mengetahui bahwa masyarakat sumatera merupakan salah satu suku bangsa dari belahan bumi Indonesia yang banyak melakukan migrasi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Situasi di Jawa atau di kota-kota lain terkadang memaksa mereka untuk berpikir mencari cara untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Hal inilah yang mendorong masyarakat Sumatera, khususnya Sumatera Barat, untuk berani keluar dari zona nyamannya.

4. Cenderung ramah

10 Kebiasaan Orang Sumatera, Memiliki Makna Yang Dalam

(foto: Armadaberita)

Meski terkadang diberi label yang tidak menyenangkan karena suaranya yang lantang dan kontur wajah yang kasar, sebagian besar masyarakat Sumatera memiliki sifat yang outgoing.

Mereka mudah beradaptasi meskipun memiliki merek dagang sendirian dimanapun kamu berada. Tidak hanya itu, mereka juga pandai bercanda.

Meski terkesan garang dan keras, setelah mengenal mereka, masyarakat Sumatera akan lebih fleksibel dalam menerima dan diterima oleh lingkungan.

5. Jadilah teman yang setia

10 Kebiasaan Orang Sumatera, Memiliki Makna Yang Dalam

(foto: mstar)

Dimanapun mereka berada, sesama orang Sumatera umumnya akan memiliki ikatan persaudaraan yang kuat.

Meski tidak berasal dari keluarga atau marga yang sama, ketika bertemu di luar negeri, mereka akan dengan mudah membentuk persahabatan atau kekerabatan yang kuat.

Meski tidak kenal dekat, namun jika mereka berasal dari marga atau keluarga tertentu yang sama, mereka merasa terikat satu sama lain, terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan adat budaya sukunya.

Baca juga: Contoh Surat Resmi, Fungsi dan Cara Membuatnya

6. Berbicaralah dengan lugas atau tidak bertele-tele

10 Kebiasaan Orang Sumatera, Memiliki Makna Yang Dalam

(foto: hipwee)

Orang Sumatera tidak jarang dikenal dengan sifatnya yang khas ke titik, tidak bertele-tele dan cepat dalam bertindak. Meski lugas dan tegas, bukan berarti mereka tidak mengerti sopan santun, lho.

Masyarakat Sumatera pada umumnya memang belum terbiasa berbelit-belit dalam menyampaikan sesuatu. Tak sedikit dari mereka yang berkarir di bidang diplomasi karena keterusterangannya.

7. Memiliki keterampilan memasak makanan yang enak

10 Kebiasaan Orang Sumatera, Memiliki Makna Yang Dalam

(foto: resep)

Berbicara tentang makanan khas Indonesia, masakan dari Sumatera hampir selalu menjadi sorotan. Orang Sumatera memang identik dengan makanan khas Sumatera yang enak.

Kepiawaian mereka dalam memasak patut diacungi jempol, baik perempuan maupun laki-laki.

Memasak makanan dari Sumatera membutuhkan kesabaran tersendiri karena banyaknya bumbu, tenaga dan waktu yang dibutuhkan. Hal ini juga menjadi ciri dari kebiasaan masyarakat Sumatera yang cukup unggul.

8. Sangat menghargai dan mensyukuri hasil laut

Sangat menghargai dan menghargai makanan laut

(foto: gosumatra)

Kebiasaan orang Sumatera selanjutnya adalah bagaimana mensyukuri hasil laut. Misalnya, masyarakat Tapanuli Tengah memiliki tradisi pesta laut setahun sekali setiap bulan Oktober.

Umumnya masyarakat menggelarnya di pantai pada malam hari dan dilanjutkan pada siang hari. Setiap kelurahan terlibat dalam upacara ini dengan membawa ternak dan hasil pertanian.

9. Menjaga nilai-nilai spiritual

Menjaga nilai-nilai spiritual

(foto: pinterest)

Memang masyarakat Sumatera terdiri dari berbagai suku dan agama. Umumnya mereka menjaga nilai-nilai spiritual. Misalnya, masyarakat Sumatera Barat yang percaya bahwa adat adalah takdir (adat nan sabana).

Karena itu adalah kehendak Tuhan, jadi sifatnya tidak bisa berubah. Dalam kehidupan sehari-hari, nilai-nilai tersebut menjadi prinsip yang juga harus dipahami dan dihormati, termasuk oleh para pendatang dan wisatawan.

10. Menghormati leluhur secara turun temurun

Menghormati leluhur dari generasi ke generasi

(foto: matakota)

Masyarakat Sumatera juga sangat menghormati leluhurnya, misalnya masyarakat Batak Toba yang memiliki tradisi mangokal holi untuk memindahkan makam leluhurnya.

Bukan sekedar kebiasaan biasa, hal ini sangat sakral dan dimaknai secara mendalam dari generasi ke generasi.

Nah, itulah kebiasaan orang sumatera yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Tahukah Anda ciri-ciri menarik orang Sumatera lainnya secara umum? Bisa Bagikan pendapat kalian di kolom komentar.