Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua dan Guru?

Sejak kecil kita sudah diajarkan sopan santun dan berbudi pekerti, salah satunya adalah menghormati orang tua dan guru. Mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru?

Sebagai sosok yang melahirkan dan membesarkan kita dengan kasih sayang, tak heran jika kira kerap kali mendengar nasihat tersebut baik dari orang tua kita sendiri atau orang-orang di sekeliling kita.

Setelah kita tumbuh besar dan mulai bersekolah, orang tua kita pun ‘bertambah’, yakni dengan adanya sosok guru di sekolah.

Sama seperti orang tua di rumah, kita juga harus menghormati guru sebagai sosok yang mendidik dan memberikan ilmu sebagai bekal masa depan.

Tidak alasan bagi kita untuk tak menghormati orang tua dan guru. Orang tua mendidik anak di rumah sedangkan guru di sekolah.

Lebih lanjut, apa sih alasan kita harus menghormati orang tua dan guru? Simak ulasannya.

Baca juga: Fakta dan Tugas Malaikat Jibril, Sang Pemimpin Para Malaikat

1. Merupakan perintah dari Tuhan Yang Maha Esa

(foto: umma.id)

Salah satu perintah Tuhan YME yang harus dilaksanakan umat manusia adalah berbakti kepada orang tua dan guru.

Alasannya karena tanpa orang tua, manusia tidak akan lahir dan tanpa guru manusia tak akan bisa memperoleh ilmu yang baik.

Peran orang tua dan guru hadir dalam aspek kehidupan manusia dari kecil hingga dewasa.

Di dalam Alquran, perintah untuk hormat dan patuh pada orang tua ditempatkan di bawah iman kepada Allah SWT, sebagaimana tergambar dalam surah Al-Isra’ ayat 23:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapakmu … ” (QS. Al-Isrā’[17]: 23)

Cara menghormati keduanya pun ada berbagai macam. Mulai dari mendengar dan mematuhi nasihatnya, bebicara dengan sopan dan di sekolah kita bisa mendengarkan jika guru sedang menjelaskan pelajaran.

2. Sangat berperan penting dalam kehidupan

3 Alasan Penting Kita Diwajibkan Menghormati Orang Tua dan Guru

(foto: fajar pendidikan)

Sejak lahir, kita masih lema dan tak bisa melakukan apapun sendiri. Itulah peran orang tua dalam membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang.

Merawat, mencukupi kebutuhan hingga memberikan gizi terbaik selama masa pertumbuhan.

Begitu juga guru yang membantu kita mulai dari tak bisa menulis dan menghitung hingga berhasil mencapai cita-cita. Bukan hal yang mudah untuk melakoni dua peran ini.

Tak ada manusia yang mampu hidup dengan mudah tanpa bantuan orang tua dan guru. Itulah yang membuat kita harus menghormati orang tua dan guru karena jasanya sanga besar bagi kehidupan.

Baca juga: 5 Perbedaan Nabi dan Rasul dalam Islam

3. Selalu mendoakan yang terbaik

3 Alasan Penting Kita Diwajibkan Menghormati Orang Tua dan Guru

(foto: haibunda)

Sudah menjadi rahasia umum jika orang tua dan guru memiliki doa yang mustajab. Oleh karena itu kita harus menjaga keridhoan mereka agar menjadi orang yang sukses.

Orang tua kerap kali mendoakan anak-anaknya untuk menjadi orang yang sukses dan doa yang baik lainnya.

Sedangkan guru juga mendoakan para muridnya agar menjadi siswa yang pandai. Dianggap memiliki doa yang kuat, kita jangan sampai membuat mereka marah atau kecewa.

Hal ini disebabkan berkah Allah SWT beriringan dan rida orang tua, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: “Riḍa Allah terletak pada riḍa orang tua, dan murka Allah terletak pada kemurkaan orang tua,” (H.R. Baihaqi).(*)