Mengenal Hobi Aquascape, Bisa Jadi Pilihan Cari Cuan

Sejak pandemi Covid-19, banyak aktivitas yang berubah di masyarakat. Ketika dihadapkan pada berbagai kondisi yang terbatas, sebagian orang masih berusaha untuk melakukan sesuatu yang produktif.

Hal produktif yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan, misalnya, mengembangkan hobi dari rumah. Tidak hanya mencari hiburan di tengah penat, hobi juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan.

Contoh hobi yang populer saat pandemi adalah hobi aquascape. Orang yang mempraktikkannya dikenal sebagai penjelajah.

Pernahkah Anda mendengar istilah ini? Aquascape adalah seni mendekorasi akuarium dengan menggunakan tanaman atau hewan, agar lebih indah dipandang.

Baca juga: 10 Kebiasaan Orang Bali Yang Harus Anda Ketahui

Hobi aquascape tidak sama dengan akuarium biasa

(foto: buceplant)

Apa perbedaan antara hobi aquascape dan akuarium yang biasanya dimiliki orang di rumah? Tidak seperti akuarium biasa, ternyata aquascape tidak hanya sekedar memelihara ikan di dalam akuarium.

Aquascape lebih tepat disebut seni menata tanaman, bebatuan, karang, benda hias, dan makhluk hidup lainnya di dalam air. Media yang digunakan adalah kaca, bahan akrilik, atau media lain yang mirip dengan akuarium.

Dalam hobi aquascape, pemilik biasanya memelihara ikan-ikan kecil di ekosistem tertutup.

Untuk menjamin kelestariannya, pemilik harus memenuhi kebutuhan ikan yang ada di dalamnya dan memastikan tanaman tetap hidup.

Perlu usaha ekstra untuk melakukan perawatan

Mengenal Hobi Aquascape, Bisa Jadi Pilihan Uang!

(foto: timesindonesia)

Sebagian orang mungkin lebih familiar dengan cara merawat akuarium yaitu mengganti air secara rutin. Namun untuk perawatan aquascape dalam hal ini akan tergantung dari isi di dalamnya.

Setiap ikan membutuhkan perlakuan yang berbeda. Karena itulah pemilik harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang ikan yang dipilih. Ada ikan yang mudah dirawat, namun ada juga yang membutuhkan pencahayaan intensif.

Begitu juga dengan tanaman yang dipilih akan berbeda-beda. Beberapa tanaman mudah dirawat, namun ada juga yang membutuhkan perawatan khusus seperti suntik Co2 ke dalam.