Meski Bergelimang Harta, Para Chaebol Korea Selatan Punya Aturan Ketat yang Harus Dipatuhi

Ungkapan ‘orang kaya bebas’ mungkin berlaku di beberapa bagian masyarakat. Tapi berbeda jika Anda menjadi bagian dari keluarga chaebol di Korea Selatan.

Dilaporkan dari Wikipediachaebol adalah istilah Korea yang mengacu pada konglomerat dan telah menjadi kekuatan ekonomi utama di Korea Selatan dari akhir era Perang Korea hingga saat ini.

Sekarang keluarga chaebol yang terkenal berasal dari perusahaan Hyundai, Samsung, LG, SK Group dan Lotte.

Meski kaya dan kaya raya, faktanya kehidupan para chaebol tidak sebebas yang dipikirkan banyak orang.

Kehidupan para konglomerat sendiri sering digambarkan dalam berbagai drama. Suka Wanita Kuat Do Bong Soon, Revoutionary Love, Devilish Joy, The Heirs dan lain-lain.

Tidak seperti di drama, mantan pembawa berita KBS yang juga merupakan bagian dari variety show Lonceng Emas bintang, Noh Hyun Jung, benar-benar menjadi bagian dari keluarga chaebol.

Dia menikah dengan Chung Daesung pada tahun 2006 yang merupakan anggota keluarga konglomerat pemilik Hyundai. Setelah menikah, Noh Hyun Jung praktis berhenti dari pekerjaannya.

Ia juga tak lantas memamerkan kehidupan pribadinya sebagai menantu yang kaya raya. Konon ada berbagai aturan ketat yang harus dipatuhi oleh aktris, penyanyi, selebritis wanita atau siapapun yang menikah dengan anak konglomerat. Berikut beberapa aturannya.

Baca juga: Mengenal Pohon Sahabi, ‘Sahabat’ Nabi Muhammad yang Masih Hidup Hingga Saat Ini

Tidak boleh terlibat dalam kehidupan pribadi, terutama yang memamerkan kekayaan

(foto: Washington)

Memiliki uang yang bisa membeli apa saja dan bisa datang ke berbagai tempat di dunia, nyatanya hidup mereka tidak gratis. Salah satunya dalam hal privasi.

Bahkan bisa dibilang harta yang mereka dapatkan ditukar dengan kebebasan yang mereka miliki selama ini.

Kehidupan para chaebol yang selalu menjadi sorotan juga membuat mereka berhati-hati untuk tidak mengumbar masalah pribadi.

Terutama dalam hal kekayaan, keintiman dengan orang yang dicintai dan aktivitas sehari-hari mereka. Salah, ini justru akan menjadi bumerang yang menjelek-jelekkan kepribadian mereka sendiri.

Harus selalu sopan dan tampil ramah kepada siapapun

Meskipun mereka penuh dengan kekayaan, ini adalah aturan ketat yang harus dipatuhi oleh para chaebol Korea Selatan

(foto: spurce)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa perilaku sopan sangat dihormati di Korea Selatan. Selebriti yang kedapatan bertingkah tidak sopan dan tidak ramah, terutama kepada yang lebih tua, terkadang mendapat cibiran dari netizen.

Hal yang sama berlaku untuk chaebol yang berasal dari keluarga baik-baik. Tujuannya untuk menjaga harkat dan martabat keluarga di mata masyarakat luas. Chaebol ini juga merupakan cerminan dari keluarga sehingga harus berperilaku sopan dan ramah.

Harus menghafal nama-nama tetua dalam keluarga dan berpartisipasi dalam acara keluarga

Meskipun mereka penuh dengan kekayaan, ini adalah aturan ketat yang harus dipatuhi oleh para chaebol Korea Selatan

(foto: koreaherald)

Masyarakat Korea Selatan dikenal sangat menghormati orang yang lebih tua dalam keluarga, termasuk chaebol. Mereka harus selalu mengingat nama orang yang lebih tua, terutama jika itu adalah acara keluarga. Tapi ini tidak mudah. Keluarga konglomerat biasanya memiliki silsilah yang lebih kompleks.

Anggota keluarga Chaebol juga harus mengambil bagian dalam acara keluarga. Seperti menikah, ulang tahun, atau jika ada anggota keluarga yang meninggal.

Kehadiran setiap anggota keluarga menjadi momen penting untuk menunjukkan bahwa keluarga konglomerat ini ‘dalam keadaan baik-baik saja dan tidak ada konflik’ serta menghormati keluarga yang mengundangnya.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Istri Tercantik Soekarno, Ratna Sari Dewi Kini Jadi YouTuber

Kaya tapi tetap perhatikan saat belanja

Meskipun mereka penuh dengan kekayaan, ini adalah aturan ketat yang harus dipatuhi oleh para chaebol Korea Selatan

(foto: idntimes)

Meski kaya raya, nyatanya para anggota keluarga chaebol tidak bisa bebas berbelanja sesuka hati.

Bahkan menantu perempuan pun diwajibkan untuk membeli sayuran di pasar. Mereka harus bangun pagi untuk mendapatkan sayuran segar di pasar.

Setelah berbelanja, catatan belanja atau kwitansi harus disimpan dengan hati-hati. Padahal struknya hanya pembelian kol atau ayam.

Masih belum diketahui mengapa catatan belanja ini mendapat perhatian seperti itu. Kemungkinan besar untuk mengawasi penggunaan uang menantu dan anggota keluarga lainnya.

Menantu perempuan harus menjadi istri dan ibu yang sangat baik

Meskipun mereka penuh dengan kekayaan, ini adalah aturan ketat yang harus dipatuhi chaebol Korea Selatan

(foto: spurce makan)

Ketika menjadi bagian dari keluarga chaebol, menantu perempuan harus banyak berkorban. Mereka harus bersiap bangun pagi untuk menyiapkan sarapan. Mereka bahkan harus bangun pagi paling lambat jam 5. Mereka juga harus dididik.

Selain itu, menantu juga harus siap untuk meninggalkan karir yang telah dimulainya. Seperti Noh Hyun Jung yang harus meninggalkan dunia hiburan untuk menjadi presenter dan pembawa berita setelah menikah dengan putra pemilik Hyundai. Dia juga pergi bersama suaminya ke Amerika untuk belajar.