8 Nama Neraka dalam Islam dan Calon Penghuninya

Nama Neraka dalam Islam – Setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia di dunia, pasti akan dibalas di akhirat.

Jika selama hidup di dunia ini Anda selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, Anda akan mendapatkan pahala yang penuh dengan kenikmatan.

Sebaliknya, jika selalu melakukan perbuatan maksiat dan menumpuk dosa, maka balasan yang akan didapat nantinya adalah rasa sakit.

Ada dua tempat yang akan dituju manusia setelah kematian, yaitu surga dan neraka.

Surga adalah tempat yang indah penuh dengan kenikmatan, yang nantinya akan dihuni oleh orang-orang yang bertakwa dan bertakwa, sedangkan neraka adalah tempat yang paling pedih yang penuh dengan siksaan bagi para pendosa.

Sama seperti surga, neraka juga memiliki 7 nama dengan tingkatan yang berbeda-beda. Apa nama neraka dan tingkatannya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Mengetahui Nama-Nama Surga dan Tingkatannya dalam Islam

1. Neraka

(foto; istockphoto)

Neraka yang ada di tingkat pertama adalah Neraka Neraka. Neraka ini bisa dikatakan paling kejam dari semuanya.

Di Neraka ada 7 pintu, dan setiap pintunya diisi oleh sekelompok orang yang melakukan dosa besar, orang kikir, orang munafik, orang musyrik, dan orang-orang yang tidak mau bertaubat.

Neraka memiliki 19 malaikat yang bertugas menyiksa para pendosa. Para malaikat dipimpin oleh malaikat Malik yang bertugas menjaga pintu-pintu neraka.

Keberadaan Neraka telah dinyatakan dalam surah surat Al Hijr ayat 43 yang berbunyi:

لَمَوْعِدُهُمْ

Artinya: “Dan sungguh, Neraka itu benar-benar (suatu tempat) yang telah dijanjikan bagi mereka (pengikut Setan) semuanya.”

2. Neraka Lazhan

8 Nama Neraka dalam Islam dan Calon Penghuninya.

(foto: istockphoto)

Lazha Hell berada di level kedua setelah Hellfire. Kata Lazha berarti berkobar atau berkobar.

Sesuai dengan namanya, neraka Lazha adalah neraka yang paling panas sehingga bisa menghanguskan kulit orang yang tersiksa di dalamnya.

Keberadaan neraka Lazha telah tertulis dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’arij ayat 15-18.

.ََۙ لِّلشَّوٰى. . اَوۡعٰى.

Itu berarti:

“Tidak semuanya! Sesungguhnya neraka (Lazha’) adalah api yang mengamuk yang mengelupas kulit kepala. Siapa yang memanggil orang-orang yang murtad dan orang-orang yang murtad (dari agama), dan orang-orang yang mengumpulkan (harta) dan menyimpannya”.

Neraka Lazha secara khusus dihuni oleh orang-orang yang tidak mau mengikuti tauhid atau ajaran Nabi, tidak beriman, mencintai dunia secara berlebihan, serta orang-orang yang mengingkari Al-Qur’an.

3. Neraka Huthamah

8 Nama Neraka dalam Islam dan Calon Penghuninya.

(foto: istockphoto)

Neraka Huthamah adalah neraka yang diciptakan Allah SWT yang penuh dengan api yang menyala-nyala. Api bisa membakar orang sampai ke hati.

Neraka ini dihuni oleh orang-orang yang suka membicarakan orang lain alias gibah. Hal ini dibuktikan dengan adanya dali Allah dalam surah Al humazah ayat 4-8 yang berbunyi:

لَّا لَيُنۢبَذَنَّ الْحُطَمَةِ

(Sama sekali tidak! Dia pasti akan dilempar ke Huthamah)

ا لْحُطَمَةُ

(Dan apakah Anda tahu apa itu Huthamah?)

ارُ للَّهِ لْمُوقَدَةُ

(Itulah) api Allah yang dinyalakan.

لتىى لِعُ لَى لْأَفْـِٔدَةِ

(yang (membakar) ke jantung.)

ا لَيْهِم

(Sesungguhnya api tertutup atas mereka)

Selain pemberi, neraka huthamah juga akan dihuni oleh sekelompok orang yang suka mencela dan menghina orang lain, suka mengadu domba, menolak sedekah, dan tertipu oleh kekayaannya di dunia.

4. Neraka Sa’ir

8 Nama Neraka dalam Islam dan Calon Penghuninya.

(foto: istockphoto)

Kata Sa’ir memiliki arti terbakar atau berkobar, sehingga dapat diartikan bahwa Neraka Sa’ir adalah neraka yang berisikan api yang menyala-nyala dan menyala-nyala.

Penghuni neraka ini adalah orang-orang yang tidak mau membayar zakat, mengambil harta yang bukan haknya alias korupsi, mengambil harta anak yatim, tidak beriman pada hari kiamat, serta orang-orang kafir.

Neraka Sa’ir tertulis dalam surat An-Nisa ayat 10 yang berbunyi:

لَّذِينَ لُونَ لٱ لْيَٰتَمَى لْمًا لُونَ ارًا لَونْ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sesungguhnya mereka menelan api dengan perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api (neraka) yang menyala-nyala.”

Baca juga: Israel Malaikat Penghancur Kehidupan, Ini Tugas & Fakta

5. Neraka Saqar

8 Nama Neraka dalam Islam dan Calon Penghuninya.

(foto: istockphoto)

Neraka Saqar adalah neraka api panas dengan dasar yang sangat dalam. Api panas di neraka mampu membakar kulit, daging, tulang, bahkan otak manusia yang ada di dalamnya.

Nama Neraka Saqar tercantum dalam Surat Al Muddatsir ayat 26-27.

ا اَدْرٰىكَ ا لُ لَا

Artinya: “Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar tidak meninggalkan dan tidak mengizinkan.”

Mereka yang sombong dan selalu mengingkari Al-Qur’an akan menjadi penghuni neraka ini.

Tidak hanya itu, Neraka Saqar juga akan dihuni oleh orang-orang yang lalai yang lupa shalat, suka membicarakan keburukan orang lain, tidak mau memberi makan orang miskin, serta orang-orang yang tidak percaya akan hari pembalasan. .

6. Neraka

Jahim

(foto: istockphoto)

Neraka Neraka adalah neraka yang memiliki jurang atau lubang, yang didalamnya terdapat api yang sangat besar. Api selalu siap menelan penghuninya.

Adapun penghuni neraka ini adalah orang-orang musyrik atau sekutu Allah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa syirik adalah dosa terbesar yang tidak mendapat ampunan dari Allah.

Selain itu, Neraka juga dihuni oleh orang-orang yang selalu sibuk mengejar duniawi tanpa mempedulikan urusan akhirat.

Neraka dijelaskan dalam Surat Al Hajj ayat 51 yang berbunyi:

الَّذِينَ ا اتِنَا اجِزِينَ لَٰئِكَ ابُ الْجَحِيمِ

Artinya: “Tetapi orang-orang yang berjihad melawan ayat-ayat Kami dengan maksud melemahkan (keinginan untuk beriman), mereka adalah penghuni Neraka.”

7. Neraka Wa’il

Meratap

(foto: istockphoto)

Neraka wa’il adalah neraka yang diciptakan Allah untuk orang-orang yang suka mengolok-olok orang lain baik secara lisan maupun tindakan dengan anggota tubuhnya.

Selain itu, bagi para pedagang yang melakukan kerusakan dengan cara mengurangi timbangan, maka neraka Wa’il adalah tempat yang layak bagi mereka. Nantinya, dagangan mereka akan dibakar menjadi abu.

Hal ini dibuktikan dengan firman Allah dalam surat Al Muthafifin ayat 1-3,

لٌ لِلْمُطَفِّفِينَ
ل الملطبن الل
ا الُوهُمْ

Artinya: “Celakalah (ratap) orang-orang yang curang (dalam mengukur dan menimbang)! (yaitu) orang-orang yang ketika mereka menerima takaran dari orang lain mereka meminta cukup, dan ketika mereka mengukur atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi, “

Tidak hanya itu, neraka ini juga akan dihuni oleh orang-orang yang begitu mementingkan urusan duniawi sehingga mengabaikan dan melupakan shalat.

8. Neraka Hawayah

Hawiyah

(foto: istockphoto)

Neraka Hawiyah adalah neraka yang berada di tingkat terakhir. Neraka ini berada di dasar terdalamnya dengan api yang menyala-nyala.

Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi mereka yang memiliki skala amal baik yang lebih rendah daripada amal buruk. Hal ini tercantum dalam surat dalam Surat Al Qariah ayat 8-11,

ا ازِينُهُ
اوِيَةٌ
ا اكَ ا
امِيَةٌ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang timbangan (kebaikannya) ringan, maka tempat kembalinya mereka adalah Neraka Hawiyah. Tahukah kamu apa itu Neraka Hawiyah? Itu adalah api yang menyala-nyala yang membinasakan orang-orang yang memasukinya.”

Apalagi neraka ini juga akan ditempati oleh orang-orang munafik, serta mati dalam keadaan kafir.

Akhir kata

Itulah 8 Nama Neraka dalam Islam dan Calon Penghuninya. Semoga kita tidak termasuk dalam calon penghuni neraka ke-8.

Oleh karena itu, jadilah manusia yang selalu taat kepada Tuhan dengan selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.