Perbedaan Generasi Baby Boomers, Millennial, X, Y, Z, dan Alpha

Sebutan generasi millennial beberapa tahun terakhir sepertinya sangat booming. Bukan asal sebut, tentunya juga dilabeli dengan karakter tertentu tentang pola pikir atau cara bekerja.

Tidak sedikit yang merasa cukup bangga dengan status generasi millennial atau generasi Y, walau sebenarnya belum memahami arti sebenarnya.

Seperti yang ditulis oleh Neil Howe dan William Strauss dalam buku Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069, generasi dibedakan menjadi lima yaitu  Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha.

Masing-masing memiliki karakter yang unik. Perbedaan antara generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha sangat jelas.

Dengan memahaminya, kita bisa lebih mudah berinteraksi antar generasi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Menelusuri Gunung Judi, Lokasi Terdamparnya Kapal Nabi Nuh

Generasi Baby Boomers 

(foto: gettyimages)

Generasi Baby Boomers terhitung lahir antara rentang waktu tahun 1946-1964. Mereka lahir setelah Perang Dunia II selesai. Karakternya relatif mandiri dan hidup berdikari.

Prinsip mereka dalam hidup adalah mandiri dan tidak ada ketergantungan kepada orang tua. Orientasinya dalam hal keuangan adalah beli rumah atau tanah, beli kendaraan, dan sisanya kemudian ditabung untuk warisan anak-anak.

Satu hal yang utama adalah keinginan agar anak-anak mereka hidup bahagia dan tenang tidak sama seperti mereka pada saat zaman perang.

Generasi X

Beda Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha

(foto: pixabay)

Generasi X merupakan penerus para generasi Baby Boomers yang lahir antara 1965-1976. Mereka sudah mendapat pendidikan lebih berkualitas dan kehidupan yang lebih stabil.

Tentang pola pikir, mereka bisa dibilang mewarisi generasi Baby Boomers. Tapi, masih ada perbedaan tentang orientasi keuangan yang tidak hanya memikirkan tabungan, tapi juga soal investasi.

Uangnya dikelola untuk membiayai anak, menambah modal usaha, beli kendaraan, dan properti. Peningkatan partisipasi tenaga kerja wanita meningkat di generasi X.

Mereka yang sudah menyadari pentingnya dana pensiun juga punya  kecenderungan untuk menyaingi kesuksesan orangtua.

Generasi millennial atau generasi Y

Beda Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha

(foto: stratchcona)

Generasi millennial lahir antara tahun 1977-1995. Inilah generasi yang sering disebut-sebut beberapa tahun terakhir. Mereka lahir ketika teknologi sedang berkembang begitu pesat.

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk mendukung pekerjaan, mencari informasi, dan sebagainya. Seolah-olah mereka tidak lepas dari gadget.

Teknologi membuat kehidupan mereka lebih praktis, walau hal tersebut sering membuat mereka dicap generasi malas oleh generasi pendahulunya.

Mereka yang cenderung ambisius dalam bekerja, tidak hanya ingin menjadi seperti orangtuanya, tapi berusaha untuk memanfaatkan teknologi dan kreativitas membangun bisnis serta masa depan yang mereka impikan.

Baca juga: Beda Traveler dan Backpacker, Wajib Tahu Sebelum Liburan

Generasi Z

Beda Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha

(foto: pixabay)

Gen Z yang lahir antara tahun 1996-2010 lebih akrab dengan teknologi daripada generasi millennial. Bisa dibilang kalau mereka sudah diperkenalkan dengan teknologi sejak baru lahir.

Mereka cenderung tidak bisa lepas dari gadget, sehingga di antara mereka banyak yang tidak mengenal permainan tradisional. Karakter mereka suka hal-hal instan, kreatif, dan kekinian.

Mereka juga belum terlibat pada pembangunan sistem teknologi canggih, tapi lebih banyak menjadi pengguna yang kreatif. Mereka banyak memunculkan berbagai profesi baru yang berasal dari hobi kreatif.

Generasi Alpha

Beda Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha

(foto: soompi)

Generasi Alpha merupakan generasi termuda saat ini. Mereka yang lahir antara tahun 2011-2025 adalah anak-anak dari generasi millennial.

Soal teknologi, mereka semakin akrab dengan teknologi canggih untuk hiburan sejak dini. Tentu saja yang memperkenalkan adalah orangtua mereka yang masih muda.

Untuk orientasi masa depan terkait pekerjaan atau keuangan, memang belum terlihat. Pengaruh dari generasi X dan Y masih sangat dominan pada pertumbuhan mereka.

Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha punya nilai-nilai berbeda

Beda Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha

(foto: pinterest)

Itulah perbedaan antara generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha. Masing-masing punya karakter, selera, dan nilai-nilai kehidupan yang berbeda.

Baby boomers sebagai generasi mandiri yang tumbuh setelah perang, sangat ingin mencapai kemandirian, hidup yang stabil dan memberi warisan untuk anak mereka.

Generasi X adalah keturunan dari Baby Boomers yang sudah punya tujuan untuk investasi dan cenderung ingin lebih sukses daripada pendahulunya.

Generasi millennial atau generasi Y merupakan generasi yan sudah melek teknologi dan berambisi untuk membangun kehidupan dengan cara mereka sendiri.

Generasi Z cenderung menyukai sesuatu yang instan dan kekinian. Mereka juga mengenal teknologi dan bisa menciptakan profesi baru dengan kreativitasnya.

Generasi yang termuda dikenal dengan generasi Alpha yang jauh lebih akrab dengan teknologi untuk akses hiburan, tapi belum terlihat orientasi masa depan mereka.

Setelah mengetahui karakteristik masing-masing, jadi kamu termasuk generasi yang mana?