Perbedaan Kamus dan Ensiklopedia, Sumber Referensi Lengkap

Ketika masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, mungkin kamu cukup sering menggunakan kamus dan ensiklopedia. Memang ada beberapa macam kamus yang digunakan orang di dunia.

Kamus yang sangat familiar untuk kebanyakan orang adalah kamus bahasa. Meskipun sebenarnya ada lebih banyak lagi jenis kamus berdasarkan tujuannya.

Penggunaan kamus umumnya sering dipakai untuk mencari referensi atau menemukan arti kata-kata. Selain kamus dalam bentuk cetak, ada juga kamus elektronik dan juga online.

Untuk mencari referensi, selain kamus ada juga ensiklopedia yang berisi informasi terperinci tentang suatu bidang. Lalu apa perbedaan antara kamus dan ensiklopedia?

Baca juga: Perbedaan Manga dan Anime, Beserta Macam Genrenya

Kamus sebagai referensi kata sudah ditemukan sejak tahun Sebelum Masehi

(foto: latimes)

Kamus merupakan kumpulan kata yang ditampilkan dalam satu atau beberapa bahasa. Dalam beberapa kesempatan, kamus juga disebut dengan referensi kata, stok kata, leksikon, buku kata, atau kosakata.

Kamus yang paling tua adalah tablet cuneiform dari Kekaisaran Akkadian. Daftar katanya menggunakan bahasa Sumeria dan Akkadian.

Penemuannya adalah diperkirakan tahun 2300 Sebelum Masehi di daerah Ebla atau Suriah modern.

Kamus modern yang pertama dibuat adalah kamus bahasa Inggris

Perbedaan Kamus dan Ensiklopedia, Sumber Referensi Lengkap

(foto: chatlaboratory)

Cikal bakal kamus versi modern ditemukan atau dibuat oleh sosok yang dikenal dengan John of Garland dari Inggris tahun 1220. Ia telah menuliskan buku berjudul Dictionarius dengan diksi bahasa Latin.

Kamus alfabet dengan bahasa Inggris yang pertama yaitu A Table Alphabetical yang dibuat oleh seorang guru bahasa Inggris bernama Robert Cawdrey pada tahun 1604.

Tujuan utama dari kamus adalah mempelajari arti kata

Perbedaan Kamus dan Ensiklopedia, Sumber Referensi Lengkap

(foto: meriam-webster)

Tujuan pembuatan kamus memang untuk mempelajari arti kata. Banyak kata baru yang bisa dipelajari dari dalam kamus. Kamus edisi terbaru juga memuat kata-kata yang baru atau diperjelas. Selain makna yang umum, juga ada contohnya.

Kata-kata dalam kamus juga disertai cara pengucapan katanya. Kamus memberi penekanan pada kata per kata dan juga berperan penting dalam perkembangan sastra.