10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksinya Terlengkap!

Ada begitu banyak tempat menakjubkan yang pernah dibangun manusia di dunia, misalnya perpustakaan terbesar di dunia. Bagi pecinta buku (bibliofil), tempat ini mungkin akan terasa seperti surga.

Koleksinya juga sangat beragam, bahkan karya sastra yang berusia ratusan tahun masih ada.

Hanya dengan melihat bangunannya, seseorang yang bukan bibliofil bisa terpesona olehnya karena bangunannya yang sangat megah.

Tidak berlebihan jika situsnya Kesibukan.com sebut saja tempat yang wajib dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Penasaran dimana saja perpustakaan terbesar di dunia?

Baca juga: 10 Genre Musik Paling Disukai di Dunia

1. Perpustakaan Kongres

(foto: 2fw)

Library of Congress dibangun di kota Washington DC, Amerika Serikat. Ini bukan perpustakaan biasa karena perpustakaan yang sudah ada sejak tahun 1800 ini juga tercatat sebagai yang tertua di dunia.

Selain dikenal sebagai perpustakaan terbesar di dunia, Library of Congress juga merupakan perpustakaan terlengkap di dunia.

Bisa dibayangkan, koleksi buku di dalamnya lebih dari 162 juta judul yang terdiri dari 450 bahasa baik versi cetak maupun buku elektronik atau buku elektronik.

2. Perpustakaan Inggris

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksi Lengkap!

(foto: lattime)

Perpustakaan terbesar berikutnya di dunia adalah British Library di London, Inggris. Ini merupakan perpustakaan yang juga tertua di Inggris yang masih menyimpan koleksi 150 juta judul.

Bahkan, koleksi di dalamnya juga memuat sederet lirik lagu milik The Beatles dalam versi tulisan tangan aslinya.

3. Perpustakaan dan Arsip

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksi Lengkap!

(foto: bac-lac)

Perpustakaan dan Perpustakaan Arsip terletak di Ottawa, Kanada. Dari namanya terlihat bahwa bangunan ini tidak hanya menyimpan koleksi buku, tetapi juga banyak dokumen penting dan bersejarah dari Kanada.

Di dalamnya, pengunjung tidak hanya dapat menemukan 50 juta judul karya sastra, tetapi juga foto-foto unik seperti seseorang yang sedang bergulat dengan beruang. Gulat dengan beruang adalah hobi ekstrim masyarakat Kanada abad ke-19.

4. Perpustakaan Umum New York

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksi Lengkap!

(foto: tripsavvy)

Perpustakaan Umum New York dibangun di kawasan Manhattan, Amerika Serikat. Perpustakaan ini merupakan yang terbesar keempat di dunia dengan total koleksi kurang lebih 53,1 juta judul.

Uniknya, Perpustakaan Umum New York disebut-sebut menjadi tempat rujukan warga Amerika untuk mencari informasi sebelum Google berkembang di dunia.

5. Perpustakaan Negara Rusia

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksi Terlengkap!

(foto: systemair)

Gedung perpustakaan Perpustakaan Negara Rusia terletak di Moskow, Rusia dan didirikan pada tahun 1862. Uniknya, perpustakaan ini memiliki nama lain ‘Leninka’ sebagai julukannya.

Jumlah koleksinya lebih dari 44 juta jenis dan dianggap sebagai salah satu perpustakaan terunik di dunia karena memiliki julukan khusus.