10 Rumah Terkecil di Dunia dan Keunikannya

Memiliki rumah yang bisa menjadi tempat berlindung adalah dambaan setiap orang. Tidak harus megah dan mewah. Yang kecil pun sudah cukup, asal bisa membuat nyaman penghuninya.

Namun, jika menyangkut ukuran hunian kecil, ternyata ada juga beberapa rumah terkecil di dunia. Tak hanya imut, rumah-rumah ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Jika Anda ingin mencari konsep nyentrik untuk desain rumah Anda nantinya, mungkin Anda bisa meniru desain rumah terkecil di dunia yang unik berikut ini.

Baca juga: 10 Kebiasaan Orang Papua, Yang Bikin Merinding!

1. Toronto Little House hanya berukuran 312 meter persegi

(foto: atlas gelap)

Rumah ini dibangun oleh seorang kontraktor bernama Arthur Weden dengan memanfaatkan sebidang tanah yang tersisa di antara dua unit rumah berukuran normal.

Hal ini membuat tampilan rumah mungil semakin mencolok. Dengan lebar hanya 2,2 meter, rumah ini kemungkinan panjangnya kurang dari 16 meter.

2. Rumah di Idaho yang-menurunkan dari versi build asli

10 Rumah Terkecil di Dunia dan Keunikannya

(foto: orang dalam bisnis)

Rumah ini awalnya berukuran besar, namun oleh pemiliknya, seorang arsitek bernama Macy Miller, rumah ini diperkecil sehingga luasnya menyusut menjadi hanya 18 meter persegi.

Untuk ‘membangun’ rumah ini, Macy Miller hanya menghabiskan 12.000 dolar. Jauh lebih murah daripada biaya membangun di sekitar kawasan yang biasanya ratusan ribu rupiah.

3. Kotak korek api yang kecil dan ramah lingkungangan

10 Rumah Terkecil di Dunia dan Keunikannya

(foto: rumah mungil)

Rumah ini dibuat berkat ide seorang seniman fotografi bernama Jay Austin.

Ia membuat rumah ini dilengkapi dengan panel surya dan saluran air hujan yang dialirkan ke tangki 3.364 liter di bawah rumah.

Berkat itu, rumah ini tidak perlu memasang sambungan listrik atau membayar untuk menikmati air bersih.

4. Rumah Keret yang hanya selebar jalan kecil di desa

10 Rumah Terkecil di Dunia dan Keunikannya

(foto: pinterest)

Gedung ini menempati celah antara dua gedung yang biasanya dijadikan sebagai penerobosan pejalan kaki.

Rumah ini hanya selebar 1,2 meter, tetapi cukup fungsional. Rumah itu memiliki kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan dapur.

5. Rumah Texas Kecil yang imut dan cantik

10 Rumah Terkecil di Dunia dan Keunikannya

(foto: rumah mungil)

Dulunya, rumah ini adalah kabin untuk berburu. Hingga akhirnya, seorang wanita mengubah pondok ini menjadi sebuah hunian kecil bergaya Victoria.

Cottage kecil yang didominasi warna putih ini dilengkapi dengan teras, ruang tamu, dan kamar tidur. Dilengkapi juga dengan dekorasi bunga yang semakin mempercantik interiornya.