Sejarah, Aturan Main, Luas Lapangan, dan Istilah Penting

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat terkenal di dunia ini. Orang-orang dari beragam kalangan dan berbagai negara, banyak yang menggemarinya.

Ada sebelas orang dalam satu tim sepak bola, karena itulah timnya disebut kesebelasan. Tujuan permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan.

Dalam setiap permainan, tidak ada pemain yang boleh memegang bola pakai tangan selain kiper. Memang ada sederet aturan main dan istilah penting yang menjadikan olahraga ini makin seru untuk disaksikan.

Begitu juga dengan sejarahnya yang tak kalah menarik. Ada baiknya untuk kita pahami tentang sejarah, aturan main, luas lapangan, dan istilah penting di dalamnya.

Baca juga: Mengenal Ilmu Ladunni, Diturunkan Allah Langsung ke Hati Manusia

Sejarah sepak bola awalnya adalah sarana melatih para prajurit di China

(foto: quora)

Ternyata sejarah sepak bola sudah dimulai sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu. Yang memainkan pertama kali adalah bangsa China yang disebut dengan istilah tsu chu dengan enam orang setiap timnya.

Awalny tsu chu dipakai untuk sarana melatih para prajurit. Bolanya dibuat dari kulit hewan berisi rambut dan dimasukkan ke dalam jaring dengan diameter 40 cm dan tinggi 10,5 m.

Dahulu jaringnya dipasang di tengah tanah lapang tertutup yang mirip voli. Aturan permainannya sederhana, yaitu tidak boleh memegang bola dan pemenangnya adalah yang bisa memasukkan bola ke dalam lubang jaring.

Selain di China, Yunani pun sudah mengenalnya sejak tahun 800 SM dengan istilah episkyro dan harpastum yang tujuannya untuk melatih prajurit di kerajaan.

Ada klaim dari sejumlah negara tentang tempat lahirnya olahraga sepak bola modern, khususnya di benua Eropa.

Permainannya makin berkembang di dunia sampai pada tahun 1904 dibentuklah organisasi FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Untuk event kejuaraan sepak bola internasional pertama kali diselenggarakan di negara Uruguay pada tahun 1958.

Aturan main dalam sepak bola resmi telah ditetapkan oleh organisasi FIFA

Sepak Bola: Sejarah, Aturan Main, Luas Lapangan, dan Istilah Penting

(foto: pixabay)

Pada tanggal 26 Oktober 1863, anggota tim Inggris berkumpul dan membuat rangkaian aturan sepak bola. harus ditaati.

Pemainnya boleh memakai semua anggota badan selain tangan. Sebelum mulai, pemain berbaris, dan berjabat tangan dengan tim lawan.

Masing-masing timnya terdiri dari 11 orang dan pemain cadangan maksimal 12 orang. Ada satu wasit dan 2-4 orang hakim garis.

Wasit berperan penting untuk menegakkan aturan dan bertanggung jawab pada jalannya permainan, termasuk menindak tegas pemain yang melanggar.

Setiap timnya memakai jersey yang menjadi identitasnya yang berbeda dengan tim lawan saat bertanding. Alas kakinya bersol karet dan semua pemain memakai kaos kaki yang juga bisa mencegah cidera tulang kering.

Setiap pemain sudah selayaknya menguasai teknik dasar seperti; menggiring, mengoper, mengendalikan bola, menembak, menyundul, dan menjaga gawang.

Terkait durasi pertandingannya adalah 90 menit yang terdiri atas 45 menit x 2 babak. Jika sudah 90 menit, tapi skor imbang, akan ada perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Kalau masih tetap imbang juga, baru diadakan adu pinalti.

Baca juga: 5 Permainan Tradisional dari Jawa, Bikin Kangen Masa Kecil

Ukuran lapangan sepak bola standar internasional

Sepak Bola: Sejarah, Aturan Main, Luas Lapangan, dan Istilah Penting

(foto: pixabay)

Bisa dibilang kalau ukuran lapangan dalam negeri cenderung lebih fleksibel karena panjangnya bisa berkisar antara 90-120 m, sedangkan lebarnya antara 45-90 m.

Pada umumnya, ukuran lapangan sepak bola di Indonesia rata-rata adalah 100 m x 60 m.

FIFA sendiri sudah menerapkan sebuah standar lapangan sepak bola internasional yang panjangnya 100-110 m dan lebarnya 64-75 m.

Lingkar tengahnya memiliki ukuran radius 9,15 m, sedangkan untuk ukuran kotak penalti 40,3 m x 16,5 m.

Beberapa stadion besar di Indonesia sudah mulai menerapkan aturan standar FIFA.

Untuk rumputnya, setiap lapangan memiliki tinggi rumput antara 25-30 mm yang memakai bahan alami ataupun sintesis.

Ada beberapa istilah penting dalam sepak bola

 Sejarah, Aturan Main, Luas Lapangan, dan Istilah Penting

(foto: pixabay)

Selain memahami aturan dan teknik bermain, istilah dalam sepak bola juga merupakan hal yang wajib dipahami setiap pemain bol profesional.

Bahkan para penonton di luar lapangan atau yang hanya menonton lewat layar kaca pun mulai memahami istilah penting dalam sepak bola.

Juggling

Juggling berasal dari istilah joculator atau jogelour yang berarti penghibur. Juggling merupakan aktivitas mempertahankan bola agar tetap di atas tanpa menyentuh tanah.

Seorang pemain yang ahli juggling bola bisa membuat teman atau lawan terkesan.

Dribbling

Dribbling adalah upaya untuk menggiring bola dengan kedua kaki menuju ke arah gawang lawan.

Ada dua teknik dasar dalam dribbling yakni dengan cara memakai kaki bagian dalam dan kaki bagian luar.

Shooting

Shooting adalah upaya pemain untuk menembakkan bola ke gawang lawan. Pada umumnya dengan kaki, tapi bisa juga dengan kepala.

Kick-off

Kick-off adalah tendangan awal di titik tengah lapangan yang menandai dimulainya pertandingan, sesudah gol atau lanjutan pertandingan.

Bukan hanya kick-off, tapi wasit juga melakukan lemparan bola vertical ke atas untuk memulai lagi pertandingan

Tendangan penalti

Tendangan penalti biasa dilakukan jika selama pertandingan dua babak normal tapi hasilnya seri, maka perlu dilakukan adu penalti dalam pertandingan final untuk menentukan pemenang.

Tendangan bebas

Tendangan bebas (free kick) dilakukan saat salah satu pemain tim lawan lakukan pelanggaran di luar kotak penalti. Tendangan bebas bisa jadi kesempatan berharga untuk mencetak gol.

Corner kick

Corner kick atau tendangan sudut adalah sebuah tendangan di salah satu sudut lapangan ke arah tim lawan, dilakukan saat bola meninggalkan area permainan sesudah terjadi kontak terakhir dengan pemain lawan.

Offside

Offside terjadi ketika pemain mendapat bola saat posisinya lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan posisi pemain lawan.