Sering Jadi Bahan Bercanda, Logo Kumon Punya Makna Inspiratif

Logo di suatu perusahaan merupakan hal penting yang menampilkan citra merk sampai ciri khas produk. Logo yang unik bisa mempengaruhi konsumen untuk memakai produk atau jasa tanpa berpikir panjang.

Pada umumnya logo perusahaan dibuat dengan konsep matang dan makna tertentu, sehingga akan tampak menarik saat dilihat.

Tidak dimungkiri bahwa beberapa perusahaan terkenal di dunia punya logo yang anti-mainstream, cenderung nyeleneh, dan membuat orang bertanya-tanya.

Misalnya logo KUMON yang menunjukkan ekspresi aneh di bagian huruf O. Karena keanehannya, kemudian banyak yang menjadikannya bahan bercandaan. Jarang diketahui, ternyata logo KUMON memiliki makna yang inspiratif.

Baca juga: Kisah Dajjal, Pembawa Fitnah Bermata Satu Menjelang Hari Kiamat

Metode Kumon diciptakan oleh seorang guru matematika dari Jepang

(foto: kumonuk)

KUMON punya sejarah awal dari Toru Kumon dan anak laki-lakinya yang bernama Takeshi. Saat duduk di bangku kelas 2 SD, Takeshi memperoleh nilai kurang bagus di pelajaran matematika.

Toru Kumon merasakan bahwa buku pelajaran di sekolah anaknya tidak banyak membantu murid.

Toru Kumon yang seorang guru matematika SMA di Jepang percaya bahwa tugas pendidik adalah membantu agar pola pikir anak-anak berkembang, sehingga bisa belajar mandiri.

Itulah mengapa, Toru Kumon pada tahun 1954 berniat membuat soal hitungan sendiri dalam secarik kertas loose leaf agar bisa dikerjakan Takeshi.

Soal-soal yang dibuat, bisa memungkinkan Takeshi belajar mandiri. Itulah momen awal mula Metode Kumon. Kini KUMON sudah berhasil menyebar ke 44 negara di dunia.

Logonya yang unik dan khas makin terkenal karena sering jadi bahan bercanda

Sering Jadi Bahan Bercanda, Logo Kumon Punya Makna Inspiratif

(foto: pinterest)

KUMON sebagai sebuah lembaga bimbingan belajar sudah ada di Indonesia sejak 1993.

Pada mulanya kelas yang ada di KUMON hanya ada di Jakarta, tapi seiring waktu, KUMON juga membuka cabang di Jawa Timur dan di Jawa Barat pada tahun 2001-2002.

Sebagai bimbingan belajar berbentuk franchise, KUMON berkomitmen untuk mendongkrak kemampuan akademik di bidang Matematika dan Bahasa Inggris.

Selain di Jawa dan Bali, kelas-kelas Kumon juga semakin luas penyebarannya sampai ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Satu hal mungkin jadi ciri khas adalah logonya. Banyak yang belum tahu apa maksudnya, tapi membuatnya terkenal sebagai bahan bercandaan.

Pernah viral media sosial tentang sindiran seseorang yang membawa-bawa logo KUMON.

“Lihat teman upload foto di Instagram lagi kondangan. Mukanya kayak logo KUMON!”

Tidak disangka-sangka, karena banyak netizen yang menyebarkan postingan receh seperti itu.

Baca juga: Legenda Orang Limun, Penduduk Kota Gaib yang Bikin Merinding

Logonya sederhana, jadi mudah diingat oleh anak-anak maupun orang dewasa

Sering Jadi Bahan Bercanda, Logo Kumon Punya Makna Inspiratif

(foto: franchisingtoday)

Sejak pertama kali dibangun, logo KUMON sudah berganti beberapa kali. Desain logo barunya lebih sederhana dan punya nuansa modern.

Jika dilihat bentuknya, logonya sudah ada modifikasi di bagian huruf O yang seperti wajah manusia.

Sebagian orang yang melihat huruf O pada logonya akan mencibir karena tampak ‘tidak niat’ seperti gambar orang-orangan atau hasil coretan tangan anak kecil. Padahal bentuk yang seperti itu memang disengaja.

Desain logonya dibuat oleh Yonemura Work sejak tahun 2001 dengan makna dan pesan khusus. Logonya yang sederhana cukup mudah diingat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Makna dari logo Kumon sebenarnya mendeskripsikan kecerdasan manusia. Pada huruf O logo KUMON ada ekspresi unik yang dikenal dengan thinking face atau wajah yang sedang berpikir.

Setiap orang yang terlibat di Kumon memikirkan pendidikan dengan sungguh-sungguh

Pendidikan

(foto: kumonmalaysia)

Thinking face melambangkan tentang ekspresi wajah anak-anak yang sungguh-sungguh dalam belajar setiap harinya.

Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang tua yang ada di sekeliling untuk mendukung pembelajaran anak-anak.

Yang tekun belajar dan berpikir bukan hanya anak-anaknya, tapi setiap orang yang terlibat di Kumon juga memikirkan pendidikan dengan kesungguhan.

Begitu juga orang-orang di seluruh dunia yang semoga bisa memikirkan lebih serius tentang pendidikan.

Meskipun logo KUMON pernah diperbarui, tapi warnanya tidak. Warna biru muda yang dipilih adalah corporate colour yang melambangkan intelektual, kesungguhan dan juga integritas.

Biru muda juga simbol untuk warna langit yang mempersatukan dunia sekaligus menjadi harapan bahwa KUMON bisa meluaskan persebarannya.