Tak Banyak yang Tahu, Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Industri KPop

Tak bisa dipungkiri lagi industri musik Korea Selatan atau yang biasa disebut KPop menjadi favorit banyak orang.

Para idol yang berkecimpung di dalamnya, baik boyband, girlband atau penyanyi solo mendulang banyak fans dari seluruh dunia. Kehidupan mereka yang selalu dihiasi oleh kemewahan pun kerap membuat banyak orang iri.

Tidak hanya itu, penampilan fisik yang sempurna, berpergian ke berbagai tempat menarik di seluruh dunia dan hidup yang penuh warna juga terlihat dari para idol KPop ini.

Namun siapa sangka, di balik gemerlapnya dunia mereka dan keindahan yang terpancar, juga tersimpan sisi gelap yang belum banyak fans ketahui.

Dilansir dari ranker, inilah sisi gelap dunia KPop yang membuat banyak orang berpikir untuk menjadi idol.

Baca juga: Suriname, Jauh dari Nusantara Namun Banyak Warga Keturunan Jawa

Kehidupan pribadi yang tak bebas dan penuh kontrol agensi

(foto: channel-korea)

Para member grup idola KPop ternyata tak bisa bebas sesuka hati mereka. Kehidupan pribadi mereka dikontrol penuh oleh agensi yang melambungkan nama mereka.

Bahkan tak jarang ada juga yang diperlakukan seperti aset perusahaan yang tak boleh melakukan kesalahan sedikit pun.

Hal ini pernah menimpa Tzuyu TWICE dalam insiden pengibaran bendera Taiwan, negaranya. Usai kontroversi tersebut, Tzuyu meminta maaf ke masyarakat Tiongkok dan menyatakan bahwa dirinya bukan pendukung separatis Taiwan hingga menyatakan bahwa hanya ada satu Tiongkok.

Banyak yang menduga pihak agensi, JYP, memaksa member TWICE tersebut minta maaf demi kepentingan bisnis di Tiongkok.

Lakukan berbagai cara ekstrim demi tubuh sempurna

Tak Banyak yang Tahu, Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Industri KPop

(foto: rojakdaily)

Wajah rupawan dan bentuk tubuh sempurna seakan menjadi hal yang wajib dimiliki para idol KPop. Mereka dan agensi akan melakukan cara apapun demi mendapatkannya. Namun tak semua cara yang dilakukan dengan sehat, ada juga operasi plastik dan diet ketat.

Penyanyi solo IU salah satunya. Dalam sehari, ia hanya boleh sarapan satu butir apel, makan siang dua buah ubi dan makan malam hanya segelas susu protein.

Diet ini dilakukan minimal 3 hari namun IU melakukannya hingga 1 minggu. Alhasil, berat badannya turun hingga 5kg.

Banyak idol juga melakukan operasi plastik demi tubuh sempurna. Namun ada juga idol yang enggan melakukan prosedur tersebut. Kyuhyun Super Junior dan Minzy eks 2NE1 jadi salah satu idol yang mengakui melakukan operasi plastik.

Masa pelatihan yang panjang dan bisa tidak debut

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Dunia Kpop

hellokpop

Salah satu kunci kesuksesan industri KPop adalah masa pelatihan atau training. Disini calon idol atau trainee ‘digembleng’ secara fisik untuk berlatih olah vokal, dance, akting dan modeling.

Proses tersebut sangat tidak mudah dan ada trainee yang tak berhasil debut walau sudah dalam masa pelatihan bertahun-tahun.

Beberapa idol memakan waktu bertahun-tahun menjadi trainee. RM BTS membutuhkan waktu 4 tahun, G-Dragon selama 5 tahun, S.Coups Seventeen 6 tahun, Seulgi Red Velvet 7 tahun bahkan Jihyo TWICE sampai 10 tahun!

Namun ada juga para idol yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk debut. Eunji Apink hanya membutuhkan waktu 2 bulan, Baekhyun EXO dalam waktu 4 bulan dan Youngjae GOT7 debut dalam waktu 7 bulan. Semuanya memang bergantung pada kesiapan masing-masing trainee.

Diperlakukan seenaknya oleh manajer dan tak bisa membatalkan kontrak

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Dunia Kpop

business news daily

Mengundurkan diri dari kontrak atau agensi bukan suatu yang mudah bagi para idol KPop. Agensi yang sudah mengeluarkan uang untuk masa training dan promosi tentunya memberikan pinalti dalam perjanjian kerja. Terlebih jika sang idol menghasilkan uang untuk mereka.

Baek Ji Young, penyanyi senior, bahkan mengaku diperas oleh sang manajer. Dalam sebuah wawancara, mantan manajernya mengaku merekam video syur dirinya dan Baek Ji Young.

Rekaman itu sempat bredar luas pada 2000 lalu. Video itu direkam tanpa sepengetahuan sang artis dan digunakan sang manajer untuk mengancamnya agar tak mengganti manajer.

Baca juga: Operasi Woyla, Pembajakan Pesawat 4 Hari Ditumpas 3 Menit oleh Kopassus

Ancaman fans garis keras yang mengikuti kemanapun

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Dunia Kpop

kepoper

Para idol juga harus menghadapi fans fanatik atau sasaeng yang melakukan apapun agar bisa dekat dengan mereka. Sasaeng juga mengikuti para idol hingga ke rumah mereka dan tak jarang mengganggu anggota keluarga si artis.

Penggemar KPop masih ingat dengan pengalaman mengerikan yang dihadapi Taeyang dan G-Dragon Bigbang. Seorang penggemar menulis surat dengan darah untuk mereka.

Selain sasaeng, anti-fans juga menakutkan. Yunho TVXQ pernah diteror anti fans yang mengiriminya jus jeruk pada 2006. Rupanya jus jeruk tesebut dicampur dengan lem super. Yunho langsung muntah-muntah dan langsung dibawa ke rumah sakit. Yunho sempat mengalami trauma dan tak bisa minum es jeruk.

Baru mendapatkan gaji setelah beberapa tahun berkarir

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Dunia Kpop

idn times

Penjualan album yang bagus, merchandise, iklan dan projek solo memang menghasilkan uang banyak, namun para idol tak bisa langsung menikmati uang tersebut. alasannya karena banyak perusahaan yang menerapkan sistem utang semasa trainee.

Uang yang dihasilkan idol saat debut digunakan untuk mengganti biaya selama pelatihan mereka. Para idol akhirnya menunggu waktu beberapa tahun untuk menikmati uang mereka.

Berjuang melawan depresi akibat tekanan dari berbagai pihak

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah Sisi Gelap di Balik Gemerlapnya Dunia Kpop

theconversation

Terus mendapatkan tekanan, baik dari agensi, penggemar, anti fans atau sasaeng, banyak idol yang memiliki masalah dengan kondisi mental mereka.

Beberapa idol mengaku jika dirinya menjadi takut disorot publik, takut menjadi gendut, hingga beberapa kasus yang kemudian berkembang menjadi gangguan panik dan depresi.

Usai peristiwa bunuh diri Jonghyun Shinee, pembicaraan mengenai kesehatan mental pada idol akhirnya mulai menjadi perhatian.

Banyak pihak akhirnya mulai sadar akan pentingnya hal itu. Ditambah lagi dengan peristiwa bunuh dirinya Sulli dan Goo Hara karena cyber bullying.