10 Tanaman Hias Gantung yang Bisa Ditanam di Rumah

Tanaman Hias Gantung – Kebanyakan orang menyukai tanaman hias untuk dijadikan hiasan di dalam dan di luar rumah. Tanaman hias mampu memberikan nilai estetika jika ditempatkan pada tempat yang tepat. Dan tentunya harus diperlakukan dengan sepenuh hati.

Selain dapat memberikan nilai estetika atau keindahan, tanaman hias juga dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang, sehingga dapat mengurangi resiko stres.

Ada berbagai macam tanaman hias yang bisa dijadikan penghias untuk mempercantik tampilan rumah Anda, salah satunya adalah tanaman hias gantung.

Tanaman hias gantung adalah cara menanam tanaman dengan cara digantung di dinding rumah atau di pohon.

Meski memiliki tampilan yang sederhana, nyatanya tanaman ini bisa mengubah nuansa dan energi hidup dalam sebuah rumah menjadi sangat nyaman.

Selain itu, jenis tanaman ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas sebagai media tanamnya. Cukup menggunakan pot kecil atau wadah biasa, lalu digantung.

Ada beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan tanaman hias gantung. Jika Anda tertarik untuk menanamnya, Anda bisa memilih jenis bunga berikut ini.

Baca Juga: 10 Permainan Tradisional Anak, Ada Bola Bekel & Petak umpet

1. Acalypha atau bunga ekor kucing

(foto: istockphoto)

Jenis tanaman hias gantung yang pertama adalah acalypha atau yang biasa disebut bunga ekor kucing.

Tanaman hias yang memiliki bunga berbentuk ulat banyak dipilih oleh para pecinta tanaman hias karena memiliki bunga yang indah.

Selain memiliki bunga yang indah, ternyata acalypha merupakan kelompok bunga yang mudah dalam perawatannya. Maka tak heran jika banyak orang yang mengaguminya.

Tak hanya itu, tanaman hias ini ternyata merupakan tanaman yang mudah tumbuh. Meski mudah layu, saat disiram akan segar kembali. Hal ini dikarenakan akar tanaman ini mampu menyerap air dengan cepat.

2. Anggrek

Kenali 10 jenis tanaman hias gantung yang wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Anggrek merupakan tanaman yang memiliki banyak jenis, dan tentunya semuanya memiliki keindahan tersendiri.

Anggrek umumnya digunakan sebagai tanaman hias, terutama tanaman hias gantung. Hal ini dikarenakan, tanaman ini merupakan tanaman merambat sehingga sangat cocok jika ditanam dengan cara digantung.

Anggrek itu unik, yaitu menyukai sinar matahari, tetapi tidak tahan jika terlalu lama terkena panas matahari. Oleh karena itu, tanaman ini tidak bisa hidup di daerah yang terlalu panas seperti gurun.

Anggrek dapat hidup dalam kondisi ketersediaan air yang rendah. Air diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara.

Anggrek memiliki bunga yang sangat indah, untuk itu banyak pecinta tanaman hias yang tergila-gila dengan keindahannya, menjadikan tanaman hias ini sebagai primadona.

Konon, anggrek berfungsi sebagai simbol cinta, kemewahan dan keindahan.

3. Begonia

Kenali 10 jenis tanaman hias gantung yang wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Jika Anda ingin menanam tanaman hias yang tidak perlu repot merawatnya, begonia adalah salah satu pilihannya. Pasalnya, begonia termasuk dalam kategori tanaman hias yang mudah dirawat karena bisa tumbuh di daerah yang lembab. Sehingga, tidak memerlukan perawatan khusus saat menanamnya.

Begonia memiliki bunga yang kecil dan unik, sehingga tak heran jika banyak pecinta tanaman hias menjadikannya sebagai penghias luar dan dalam rumah.

Tak hanya sebagai penghias untuk mempercantik rumah, ternyata tanaman cantik ini juga bisa menjaga sirkulasi udara di dalam rumah tetap jernih.

Ada berbagai jenis begonia, termasuk begonia tebu, begonia rex, begonia semperflorenz, begonia tuberous, dan banyak varietas lainnya.

4. Fuchsia

Kenali 10 jenis tanaman hias gantung yang wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Tanaman hias gantung yang harus dipilih selanjutnya adalah bunga fuchsia atau lebih dikenal dengan bunga anting.

Fuchsia dapat tumbuh dalam kondisi suhu sedang dan dapat mekar sepanjang tahun. Sehingga sering dijumpai pada areal taman yang umumnya dijadikan sebagai tempat tumbuhnya berbagai jenis tanaman hias.

Media tanam yang digunakan untuk menumbuhkan tanaman hias ini harus lembab dan tidak terlalu basah. Sebab, jika terlalu basah akan membuat akarnya membusuk.

Selain itu, jangan terlalu banyak memberikan panas matahari sepanjang hari, karena panas matahari yang berlebihan akan membuat bunga anting ini tidak tumbuh dengan baik.

5. Hoya berdaging

Kenali 10 jenis tanaman hias gantung yang wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Jika anggrek cukup populer di kalangan masyarakat, suka atau tidak suka tanaman hias, Hoya carnosa justru sebaliknya. Nama tanaman yang satu ini masih cukup asing di telinga kebanyakan orang.

Hoya carnosa merupakan tanaman hias yang memiliki bunga yang unik dan indah. Di masa lalu, tanaman ini disimpan di taman istana bangsawan Eropa. Kemudian, mulai dikenal di kalangan masyarakat Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Tanaman ini sangat cocok jika ditanam dengan cara gantung, karena tumbuh merambat dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Bentuk bunga hoya carnosa sendiri seperti bintang namun dipenuhi bulu-bulu halus.

Bahkan, tanaman ini disebut tanaman lilin atau bunga porselen karena bunganya tidak terlihat seperti bunga asli melainkan bunga palsu atau bunga plastik.

Tidak hanya cantik, bunga hoya carnosa juga mengeluarkan aroma yang sangat harum, sehingga sangat cocok jika ditanam di dalam ruangan dan digunakan sebagai pengharum ruangan alami.

Baca juga: Mengenal Ishaq Al Mausili, Musisi asal Bagdad, Penemu Tangga nada

6. Lantana

Kenali 10 jenis tanaman hias gantung yang wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Lantana merupakan salah satu tanaman hias yang sering disebut dengan bunga tai ayam. Hal ini dikarenakan, bau tak sedap yang dihasilkan saat bunga tersebut diperas.

Kelebihan dari tanaman hias ini adalah dapat tumbuh dengan cepat. Selain itu, bunga yang dihasilkan dapat mekar dalam waktu yang cukup lama.

Perlu diperhatikan, saat menanam lantana tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering. Sebab, bunga ini tidak terlalu suka banyak air. Jika Anda terlalu sering menyiramnya dengan air dalam jumlah besar, akarnya akan membusuk.

Bunga lantana memiliki warna yang beragam, namun yang paling disukai oleh kebanyakan orang adalah lantana berwarna kuning dan jingga.

7. Juta Lonceng

Kenali 10 jenis tanaman hias gantung yang wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Sejuta lonceng adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga petunia. Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang indah. Disebut bunga sejuta lonceng karena bunganya dikelompokkan menyerupai sejuta lonceng.

Bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini cukup unik. Sebab, dalam waktu singkat, bunga tersebut akan tumbuh berkelompok dan mekar, sehingga terlihat sangat indah.

Tanaman hias ini tidak memerlukan perawatan, cukup sulit untuk menjaga bunganya tetap mekar. Yang dibutuhkan hanyalah tanah yang berair dan subur. Jangan lupa untuk memberikan sinar matahari yang cukup.

Sejuta lonceng memiliki beberapa warna bunga antara lain ungu kebiruan, jingga, merah, dan kuning.

8. Petunia

Warna ungu tua

(foto: istockphoto)

Petunia merupakan salah satu tanaman hias yang selalu menjadi primadona di kalangan masyarakat. Dari dulu hingga sekarang, bunga ini selalu jadi incaran para pecinta tanaman hias gantung.

Petunia memiliki bunga yang kecil namun terlihat indah. Agar bunga mekar dalam waktu yang lama, diperlukan pemupukan yang tepat pada media tanam.

Tanaman hias ini sangat cocok ditanam di rumah karena tidak memerlukan perawatan ekstra untuk merawatnya.

Petunia memiliki beberapa warna bunga seperti fushia, keunguan, merah hingga pink.

9. Portulaca

Portugal

(foto: istockphoto)

Portulaca merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan yang sering disebut sebagai krokot mawar. Tumbuhan ini memiliki lebih dari 100 spesies yang tersebar di daerah tropis dan sub tropis.

Tanaman ini memiliki kemampuan tumbuh yang cepat, sehingga sangat cocok sebagai tanaman penutup tanah. Tidak hanya itu, portulaca juga sangat mudah tumbuh terutama di iklim tropis, sehingga tidak memerlukan perawatan yang cukup sulit.

Bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini juga sangat indah dan cantik. Tak sedikit orang menanamnya untuk dijadikan hiasan seperti tanaman hias gantung atau tanaman hias yang ditanam di tanah biasa seperti rumput.

10. Tradescantia

Tradescantia

(foto: istockphoto)

Jenis tanaman hias gantung yang terakhir adalah tradescantia. Tradescantia merupakan tanaman hias yang biasa digunakan sebagai tanaman hias gantung.

Tumbuhan ini tumbuh dengan cara merambat ke arah datangnya cahaya. matahari. Cara menanamnya cukup mudah. Jika di musim panas, ia membutuhkan air yang melimpah. Tetapi jika di musim dingin, penyiraman harus dikurangi.

Tradescantia menyukai kelembapan, tetapi tidak terlalu berair. Sebab, terlalu banyak air akan menyebabkan akar membusuk.

Tanaman hias ini memiliki daun yang indah, yaitu putih, hijau, dan merah muda. Agar daun selalu rimbun, perlu dilakukan pemangkasan secara teratur.

Akhir kata

Jenis-jenis tanaman hias gantung di atas, mungkin sering Anda jumpai di berbagai tempat. Jika Anda ingin menanamnya sebagai hiasan di rumah, maka Anda bisa menemukannya di toko bunga terdekat.

Namun, perlu diingat bahwa setiap tanaman yang kita tanam, harus dirawat dengan sungguh-sungguh agar kita bisa merasakan keindahannya dalam jangka panjang.