10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

Musim pandemi membuat sebagian orang lebih banyak beraktivitas di rumah. Anak-anak sekolah belajar dari rumah, sedangkan guru-guru dan karyawan bekerja dari rumah (work from home).

Selain pekerjaan yang kadang menguras tenaga dan pikiran, kita tentunya butuh refreshing yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya dengan menanam tanaman hias outdoor atau indoor di rumah.

Hobi ini tengah digemari banyak orang, tapi tidak semua orang mampu merawat tanaman hias dengan baik.

Banyak yang mengalami tanaman hias mereka susah bertahan hidup, mudah layu atau cepat mati padahal baru beberapa hari.

Tanaman hias berikut ini mudah dirawat dan ditanam berikut bisa jadi referensi.

Baca juga: 10 Desain Kue Ulang Tahun Korea yang Simpel dengan Warna Pastel

1. Siklok

(foto: wikipedia)

Siklok bisa bertahan di udara dengan suhu yang kering dan panas sehingga tidak perlu menyiramnya terlalu sering dan banyak.

Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri dengan tekstur keras serta bentuknya runcing. Warna yang dihasilkan pada tanaman hias ini sangat indah dan daunnya memiliki warna hijau keputih-putihan.

2. Karet Kebo Merah

10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

(foto: 99)

Karet Kebo Merah ini menjadi salah satu tanaman hias yang mudah dipelihara. Pertumbuhannya terbilang cukup cepat sehingga menjadi tanaman hias yang  sedikit perawatan dan bisa tumbuh dengan cantik dan indah.

Penyiraman tanaman ini bisa disesuaikan dengan cuaca pada hari itu. Jika cuaca lagi panas dan kering kita bisa menyiramnya lebih sering. Namun, jika cuaca dingin atau setelah hujan maka kita tidak perlu sering menyiramnya.

3. Kaktus Belimbing/Kaktus Koboi

10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

(foto: cnn)

Tanaman hias kaktus bisa hidup pada wilayah indoor ataupun outdoor. Salah satu jenisnya adalah kaktus koboi yang bisa membuat tampilan halaman rumah lebih cantik.

Kaktus yang memiliki nama Latin Cereus peruvianus ini sangat suka sinar matahari dan tidak suka banyak air. Tingginya bisa mencapai 10 meter dan bisa tumbuh cabang bila titik tunasnya rusak.

4. Keladi

10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

(foto: cnn)

Tanaman jenis ini sangat populer dikalangan pencinta tanaman hias. Penempatan tanaman hias keladi bisa di halaman rumah sebagi hiasan.

Warna yang dihasilkan juga indah, hal ini yang menjadi banyak incaran pembeli walau harganya bisa menguras kantong.

Keladi memiliki nama  latin Caladium yang merupakan salah satu marga dari keluarga talas-talasan atau famili Araceae.

Sebagian keladi tumbuh menjadi rumput atau gulma yang mengganggu, tapi banyak juga tanaman keladi yang bisa dijadikan tanaman hias.

Jenis yang populer adalah Caladium Ace of Heart yang berbentuk hati dan berwarna merah muda serta jenis Caladium Candidum yang memiliki warna putih dan Caladium Spider dengan warna campuran hijau dan merah dengan tekstur tulang daun.

5. Lidah Mertua

10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

(foto: kompas)

Lidah mertua menjadi pilihan bagi kita yang suka males atau mager merawat tanaman namun tetap ingin memiliki tanaman hias.

Perawatan lidah mertua ini terbilang cukup mudah dalam perawatan dan bisa survive hidup tanpa air.

Penyiramannya bisa dilakukan sekali saja dalam dua Minggu. Cara agar tanaman hias ini tetap hidup dengan baik dan bisa tahan lama, kita bisa mencampurkan tanahnya dengan pasir.