12 Tips Foto Aesthetic Pakai HP. Hasil Gambar Jadi lebih Keren

Tips Foto Estetika – Di era milenial seperti sekarang ini, hampir semua orang terutama anak muda memiliki akun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya.

Untuk mempercantik isi media sosial, mereka kerap mengisinya dengan foto-foto estetis. Mulai dari selfie biasa, foto pemandangan indah, atau foto saat melakukan aktivitas.

Hal ini dilakukan selain untuk mempercantik tampilan media sosial, juga untuk mengabadikan momen-momen indah dan memamerkannya kepada teman-teman di dunia maya.

Foto estetis adalah foto yang indah dan rapi jika dilihat. Umumnya foto ini bisa didapatkan dengan menggunakan kamera canggih seperti DSLR.

Nah, bagi Anda yang ingin mengambil foto yang estetis namun tidak memiliki kamera yang canggih? Jangan khawatir, karena sekarang Anda dapat menggunakan ponsel Anda untuk mendapatkan foto yang Anda inginkan hanya dengan mengikuti beberapa tips ini.

Baca juga: Kedutan Mata Kanan Atas, Ini Artinya Menurut Primbon Jawa dan Medis

1. Cahaya alami

(foto: pexel)

Tips pertama untuk mendapatkan foto yang estetis adalah dengan menggunakan pencahayaan alami.

Pencahayaan merupakan faktor penting saat mengambil foto agar terlihat bagus dan estetis.

Dalam memilih pencahayaan, Anda bisa menggunakan cahaya alami yaitu sinar matahari.

Anda bisa mendapatkan cahaya alami ini dari sinar matahari. Anda bisa mengambil foto di siang hari agar hasil foto terlihat lebih cerah. Sebab, warna yang ditangkap oleh kamera ponsel akan sangat jernih.

Namun, jika ingin mendapatkan foto dalam kondisi minim cahaya, Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari pada sore hari.

2. Perhatikan sudutnya

12 Tips untuk Foto Estetis Menggunakan HP.  Hasil gambar menjadi lebih Keren!

(foto: pexel)

Sudut foto adalah sudut pengambilan gambar tertentu yang diterapkan pada saat kamera akan memotret suatu objek.

Sama halnya dengan pencahayaan, angle foto juga menjadi salah satu hal penting saat mengambil foto. Sebab, jika Anda mengambil foto dengan angle yang salah, foto akan terlihat kurang bagus.

Misalnya, jika Anda memiliki bentuk tubuh yang gemuk, maka Anda harus mengambil foto dengan sudut miring agar tubuh Anda terlihat lebih ramping.

Contoh lainnya adalah jika Anda memiliki wajah yang chubby, maka sebaiknya Anda mengambil foto angle dari atas agar wajah Anda terlihat lebih tirus.

3. Jangan lupa backgroundnya

12 Tips untuk Foto Estetis Menggunakan HP.  Hasil gambar menjadi lebih Keren!

(foto: pexel)

Tips estetika foto selanjutnya adalah jangan lupakan background. Artinya, Anda harus memilih latar belakang yang bagus, indah, dan menarik. Anda dapat memilih taman atau taman sebagai latar belakang foto Anda.

Jika Anda ingin mengambil foto outfit of the day (OOTD) yang menunjukkan gaya berpakaian Anda, jangan lupa untuk memadukannya dengan background yang terlihat natural.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang taman bunga atau pemandangan indah lainnya agar penampilan Anda terlihat lebih estetis.

Kemudian, Anda dapat mengunggah foto OOTD estetis Anda ke akun media sosial Anda. Dijamin akan banyak like dan komentar setelah kamu menguploadnya.

4. Gunakan benda-benda di sekitar Anda

Gunakan benda-benda di sekitar Anda

(foto: pexel)

Jika Anda ingin mengambil foto yang estetis namun malas pergi ke taman atau tempat menarik lainnya, Anda bisa mendapatkannya di rumah.

Caranya adalah dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda. Misalnya, Anda bisa berfoto dengan memamerkan gaya berpakaian Anda, ditambah aksesoris estetis lainnya seperti jam tangan, sepatu, kalung, topi, atau benda lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tempat tidur Anda dengan sprei yang memiliki warna cerah dan unik.

Foto estetis juga bisa kita dapatkan hanya dengan berfoto di dalam ruangan.

5. Pastikan objek dalam fokus

12 Tips untuk Foto Estetis Menggunakan HP.  Hasil gambar menjadi lebih Keren!

(foto: pexel)

Saat mengambil foto, pastikan objek yang akan Anda foto berada pada titik fokus yang tepat. Sebab, jika tidak, foto yang dihasilkan akan buram dan kurang jelas.

Kondisi foto yang buram atau tidak jelas ini bisa membuat suasana hati menjadi buruk, bukan? Bagaimana bisa? Anda sudah mengumpulkan niat untuk memotret, namun ternyata foto yang dihasilkan malah kurang bagus.

Untuk itu, pusatkan titik fokus pada objek yang akan Anda potret.

Caranya, Anda hanya perlu mengetuk layar ponsel, dan lensa akan langsung menangkap titik fokus objek yang kita pilih. Tips foto yang satu ini memang terkesan sederhana, namun seringkali terlupakan.

6. Aktifkan kisi

12 Tips untuk Foto Estetis Menggunakan HP.  Hasil gambar menjadi lebih Keren!

(foto: pexel)

Tips selanjutnya untuk membuat foto terlihat estetis adalah jangan pernah lupa untuk mengaktifkannya
Grid adalah garis panduan pada layar yang akan memudahkan kita untuk membagi posisi setiap objek agar pas.

Mengaktifkan grid pada saat mengambil foto dapat membantu Anda agar foto yang dihasilkan tidak miring.

Baca juga: Mengetahui Nama-Nama Surga dan Tingkatannya dalam Islam

7. Mengatur ISO

12 Tips untuk Foto Estetis Menggunakan HP.  Hasil gambar menjadi lebih Keren!

(foto: pexel)

ISO merupakan fitur yang berfungsi untuk mengatur tingkat kepekaan lensa kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi nilai ISO, semakin tinggi dan semakin baik sensitivitas lensa terhadap cahaya.

Misalnya seperti saat Anda mengambil foto di siang hari, tentunya cahaya yang dihasilkan cukup terang bukan? Nah, Anda dapat mengatur ISO yang lebih rendah.

Sedangkan jika Anda mengambil foto pada malam hari, Anda bisa menaikkan ISO agar cahayanya lebih terang.

8. Atur kecepatan rana

12 Tips untuk Foto Estetis Menggunakan HP.  Hasil gambar menjadi lebih Keren!

(foto: pexel)

Penggunaan shutter speed saat mengambil foto sangat berpengaruh untuk menghasilkan foto yang estetis. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin memotret dengan cahaya yang diserap kamera.

Cara mengaktifkannya cukup mudah. Anda hanya perlu melihat di pengaturan kamera. Jika fitur ini tidak tersedia di ponsel Anda, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi.

9. Jangan gunakan filter berlebihan

menggunakan filter yang berlebihan

(foto: pexel)

Filter sangat membantu untuk membuat foto terlihat estetis, terutama selfie. Foto yang dihasilkan jika menggunakan filter akan terlihat lebih menarik.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan filter yang berlebihan dapat membuat foto Anda terlihat aneh.

Untuk itu, pilih aplikasi yang tepat untuk mengatur dan memanfaatkan crop, contrast, vignette, dan sebagainya.

10. Perhatikan komposisi warna

Perhatikan Komposisi Warna

(foto: pexel)

Komposisi warna saat mengambil foto memiliki peran penting untuk membuat foto terlihat estetis. Bahkan sebuah foto sederhana jika kita menggunakan komposisi warna yang tepat, akan terlihat lebih menarik.

Pilih warna sesuai keinginan Anda. Warna-warna cerah membuat foto penuh energi. Sedangkan warna netral dapat memberikan kesan minimalis pada foto.

11. Jangan gunakan zoom

Jangan Gunakan Zoom

(foto: pexel)

Saat mengambil foto, Anda harus memperhatikan jarak antara posisi kamera dengan objek yang akan Anda potret.

Usahakan untuk mengambil foto dengan jarak yang cukup, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat.

Jika kamera terlalu jauh, jangan gunakan zoom untuk melihat lebih dekat. Karena zoom akan menurunkan resolusi foto dan membuatnya terlihat kurang tajam.

Oleh karena itu, jangan malas untuk mendekat ke objek agar foto yang dihasilkan lebih bagus dan tajam.

12. Memegang kamera dengan stabil

Memegang Kamera dengan Stabil

(foto: pexel)

Memegang kamera saat mengambil foto harus stabil. Usahakan tangan tetap tenang dan tidak goyang agar foto yang dihasilkan tidak buram.

Gunakan kedua tangan untuk memegang kamera. Jika perlu, gunakan bantuan benda lain seperti pohon atau dinding sebagai sandaran sehingga dapat membantu menstabilkan tangan.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan foto yang estetis.

Tidak perlu khawatir lagi jika tidak memiliki kamera yang canggih. Cukup menggunakan kamera ponsel, sehingga Anda dapat mengambil foto yang estetis. Selamat mencoba tips di atas.