8 Gambaran Surga dalam Islam, Indah dan Penuh Kenikmatan

Gambar Surga dalam Islam Surga adalah tempat terindah yang diciptakan Allah khusus untuk orang-orang yang beriman dan selalu bertaqwa kepada-Nya.

Di surga ada kesenangan yang tiada tara. Tidak ada yang bisa menandingi keindahan dan kenikmatannya, termasuk bumi dan segala isinya.

Setiap orang, baik yang beriman maupun yang sering melakukan perbuatan asusila, pasti ingin menikmati indahnya surga. Namun, tidak semua orang bisa menempati tempat tersebut.

Tidak sedikit orang yang membayangkan bagaimana gambaran keindahan dan kenikmatan yang ada di surga.

Mereka menggambarkan di surga ada sungai jernih yang airnya terasa begitu segar dengan pasir yang terbuat dari emas dan batu mulia.

Namun, gambaran keindahan surga dalam Islam tidak hanya itu. Ada beberapa gambar lain yang harus Anda ketahui, antara lain:

Baca juga: Mengenal Alam Barzah dan 5 Penghuninya

Gambar Surga dalam Islam, Indah dan Penuh Kenikmatan

1. Ada istana yang megah dan sungai yang mengalir

(foto: istockphoto)

Gambar surga yang pertama adalah istana yang megah dan sungai yang mengalir di dalamnya. Istana diciptakan oleh Tuhan untuk penghuninya yang di dalamnya terdapat segala sesuatu yang diinginkan.

Deskripsi surga ini tertulis dalam surat At Taubah ayat 72 yang berisi:

Tuhan menjanjikan orang-orang percaya dan Jent mint untuk mengambil tempat dari milik mereka, tetapi mereka dan tempat tinggal yang baik di Jent Aden dan dibangkitkan dari kemenangan terbesar Tuhan adalah kemenangan besar

Yang artinya:

“Allah berjanji kepada orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapatkan) tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah lebih besar. Itu adalah kemenangan besar”.

2. Ada pasar surgawi

8 Gambar Surga dalam Islam.  Indah dan Penuh Kenikmatan

(foto: istockphoto)

Tidak hanya di dunia, di surga juga ada pasar yang disebut pasar surga. Bedanya, di pasar ini tidak ada penjual dan pembeli.

Yang ada hanyalah gambar orang-orang yang akan dipilih oleh para penghuni surga untuk kemudian masuk ke dalamnya.

Pasar surga telah tertulis dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Sayyidina Ali RA yang berisi:

“Sesungguhnya di surga ada pasar yang tidak ada pembeli dan penjualnya, kecuali beberapa bentuk (gambar) laki-laki dan perempuan. Ketika seseorang menginginkan bentuk (seseorang untuk dirinya sendiri), maka dia masuk ke pasar itu.

3. Ada banyak perhiasan

perhiasan berlimpah

(foto: istockphoto)

Di surga juga ada perhiasan yang sangat melimpah. Perhiasan tersebut diberikan oleh Allah kepada orang yang dicintainya, yaitu para penghuni surga.

Uraian ini telah tertuang dalam surat Al Kahfi ayat 31-40 yang berisi:

Dari gelang Wilson Tehaba Khadra dari Sondos dan Tobrq, di mana pada Aryak Ya hadiah dan ditingkatkan

Yang artinya:

“Mereka itulah yang memperoleh surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; Mereka akan diberi perhiasan dengan gelang emas, dan mereka akan diberi pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal, dan duduk di dipan. (yaitu) pahala yang paling baik dan tempat istirahat yang indah”.

4. Ada banyak server

banyak pelayan

(foto: istockphoto)

Penghuni surga akan diperlakukan sangat istimewa. Mereka tidak akan melakukan semuanya sendiri. Sebab, Tuhan telah menyiapkan banyak hamba yang siap melayani kapan pun dan di mana pun.

Uraian tentang keberadaan hamba di surga terdapat dalam Surat Al Waqi’ah ayat 17-18 yang berbunyi:

orang tua abadi berkeliaran di sekitar mereka

(Mereka dikelilingi oleh orang-orang muda yang tetap awet muda)

dengan cangkir dan kendi dan piala dari tertentu

(Dengan membawa gelas, teko dan shotgun (gelas) berisi minuman yang diambil dari air mengalir)

Baca juga: 8 Amalan di Bulan Ramadhan Penuh Berkah dan Diampuni Dosa

5. Makanan dan minuman yang berlimpah

8 Gambar Surga dalam Islam.  Indah dan Penuh Kenikmatan

(foto: istockphoto)

Terkadang ketika di dunia kita tidak bisa makan atau minum segala macam makanan dan minuman.

Namun, jika Anda menjadi calon surga, maka Anda tidak akan kekurangan makanan dan minuman, termasuk yang tidak ada di bumi.

Ini karena ada makanan dan minuman yang enak di surga. Sebagaimana tertuang dalam surat Al-Waqi’ah ayat 20-23 yang berbunyi:

Dan buah apa saja yang mereka pilih () dan daging burung apa pun yang mereka inginkan (), dan poplar () sebagai mutiara dari segala jenis.

Itu berarti:

“Dan buah dari apa yang mereka pilih. Dan daging burung apa yang mereka inginkan. Dan ada bidadari bermata jeli. Bagaikan mutiara yang terpelihara dengan baik.” (QS. Al-Waqi’ah ayat 20-23)

6. Malaikat Surga

Malaikat

(foto: istockphoto)

Ketika kita melihat orang-orang cantik di dunia, pasti kita akan merasa takjub dan memuji kecantikan mereka. Namun, tahukah Anda bahwa kecantikan wanita di dunia tidak sebanding dengan kecantikan bidadari di surga?

Allah menciptakan bidadari surga tidak melalui proses melahirkan, melainkan secara langsung. Malaikat-malaikat ini nantinya akan menemani hamba-hamba Allah yang merupakan penghuni surga.

Hal ini sudah tertulis dalam surat Ar-Rahman ayat 70, yang berisi:

Ada kebaikan di dalamnyaۚ

Itu berarti:

“Di surga ada bidadari yang baik dan cantik.”

Bidadari surga memiliki penampilan yang sangat cantik. Kulitnya putih, rambutnya berkilau seperti sayap burung pemakan bangkai, dan matanya tajam dan lebar.

Tidak ada yang menandingi kecantikan bidadari surga, bahkan wanita tercantik di dunia sekalipun.

Selain memiliki paras yang cantik, bidadari surga juga memiliki tubuh yang harum. Diibaratkan jika mereka turun ke bumi, wanginya akan memenuhi langit dan bumi.

7. Ada kuda surga

8 Gambar Surga dalam Islam.  Indah dan Penuh Kenikmatan

(foto: istockphoto)

Di surga, terdapat beberapa hewan yang digunakan oleh penghuninya sebagai kendaraan, salah satunya adalah kuda.

Kuda surga diciptakan oleh Allah dengan memiliki dua sayap di sisi tubuhnya yang digunakan untuk terbang sambil membawa penghuninya.

Keberadaan kuda surga tertuang dalam sabda Nabi Muhammad SAW ketika sahabatnya Abdurrahman bin Sa’idah Radhiyallahu Anhu bertanya kepadanya, “Saya sangat menyukai kuda, ya Rasulullah, ‘Apakah ada kuda di surga?”

Kemudian, Rasulullah menjawab: “Wahai Abdurrahman, ‘Jika Allah memasukkanmu ke dalam surga, maka kamu akan menunggang KUDA dari yakut (Mutiara), Memiliki dua Sayap. Dia akan terbang untuk membawamu kemanapun kamu suka.” (Hadis Hasan , HR Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir, disahkan oleh Imam Al-Haitsami, Al-Mundziri. Dan hasankan oleh Al-Albani. (Sahih Targhib Wat-Tarhib: 3755)).

8. Selalu damai karena tidak ada permusuhan

8 Gambar Surga dalam Islam.  Indah dan Penuh Kenikmatan

(foto: istockphoto)

Di dunia, ada banyak permusuhan, baik dengan orang lain maupun dengan keluarga sendiri. Permusuhan ini seringkali menjadi penyebab perpecahan sehingga kehidupan menjadi tidak tentram.

Berbeda dengan dunia, surga selalu menjadi tempat yang nyaman dan damai karena tidak ada permusuhan. Tidak ada kecemburuan atau penyakit jantung lainnya yang menjadi penyebab permusuhan.

Hal ini sudah tertulis dalam surat Al-A’raf ayat 43 yang berbunyi:

Dan menyangkal apa yang ada di dalam dada mereka, dan mereka berkata, Segala puji bagi Allah.

Itu berarti:

“Dan Kami mengambil pembalasan dari dada mereka, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kepada kami (surga) ini. Kita tidak akan mendapat hidayah jika Allah tidak menunjukkan kepada kita. Sungguh, utusan Tuhan kita telah datang untuk membawa kebenaran. Disebutkan kepada mereka, “Itulah surga yang kamu warisi karena apa yang telah kamu kerjakan.”

Begitulah gambaran surga dalam Islam yang memiliki kenikmatan tiada tara. Jika ingin merasakan nikmat surga, maka jadilah hamba Allah yang selalu bertakwa. Sesungguhnya Allah akan membalas semua dengan kesenangan.