10 Genre Musik yang Paling Disukai di Dunia

Musik adalah bahasa universal yang dapat menyentuh banyak orang di seluruh dunia. Dalam banyak hal, musik dapat membekas di benak banyak orang ketika dinyanyikan dalam sebuah lagu. Meski terkadang tidak mudah untuk dipahami, namun bisa dirasakan.

Pernahkah Anda mendengar sebuah lagu dalam bahasa asing, namun entah kenapa nadanya begitu membekas di hati Anda dan membuat Anda ingin mendengarnya berulang-ulang. Jadi genre musik apa yang kamu suka?

Memang daftarnya bisa sangat panjang karena di dunia ini banyak sekali budaya yang mempengaruhi karya yang dihasilkan.

Ketika Anda memasuki industri musik, popularitas setiap genre tidak sama. Berdasarkan gelombang musisi, Berikut adalah 10 genre musik paling populer di dunia.

Di sisi lain, tidak semua genre sepopuler dan sesukses yang satu ini. Akibatnya, industri musik, atau pasar musik, terikat untuk mendukung beberapa dari mereka dengan merugikan yang lain.

Baca juga: Perbedaan Kamus dan Ensiklopedia, Sumber Referensi Lengkap

1. Musik pop

(foto: pinterest)

Musik pop, sesuai dengan namanya, adalah genre musik paling populer di industri musik dunia.

Walaupun sebenarnya agak sulit untuk mendefinisikan dengan jelas apa itu musik pop. Dapat dikatakan bahwa genre apa pun yang mendapatkan popularitas luas menjadi musik pop.

Memang, musik ini berkembang begitu pesat dari waktu ke waktu. Buktinya ketika kita mencari lagu pop 90an dan pop 2010 nuansanya sangat berbeda.

2. Hip-hop dan rap

10 Genre Musik Paling Disukai di Dunia

(foto: nytimes)

Hip-hop sebenarnya adalah dua genre, tetapi mereka sering disatukan. Yang jelas kedua musik ini berasal dari tahun 80-an dan menghadirkan evolusi luar biasa yang juga banyak mengandung pesan mendalam dalam karya yang dibawakan.

Pertemuan kata-kata dan suara elektronik membuat genre ini bisa dilakukan tanpa alat, atau bahkan nyanyian yang bagus.

Melalui kekuatan lirik, para rapper dapat menceritakan banyak hal seperti kehidupan yang keras atau bahkan kritik terhadap penguasa.

3. Batu

10 Genre Musik Paling Disukai di Dunia

(foto: tikum)

Musik rock berevolusi langsung dari musik blues, dan menjadi populer pada 1950-an di Amerika Serikat dan kemudian di Inggris Raya. Dari London, rock menyebar ke seluruh Eropa.

Bukan hanya musik, bahkan genre rock dianggap soundtrack yang paling mewakili suasana tahun 1960-an. Dalam beberapa tahun terakhir, musik rock tidak sepopuler dulu.

4. EDM (Musik Dansa Elektronik)

10 Genre Musik Paling Disukai di Dunia

(foto: mila)

Perkembangan komputer dan teknologi digital memungkinkan manusia mengeksplorasi cara lain untuk menciptakan musik yang enak didengar.

Sebenarnya kita tidak lagi membutuhkan alat musik untuk menghasilkan sebuah lagu dan cukup dengan komputer. Begitulah musik EDM menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.