Perbedaan Oven dan Microwave, Kenali Sebelum Membeli

Apakah Anda sering menggunakan oven dan microwave untuk memanggang kue, ayam, atau makanan lainnya?

Sekilas kedua alat tersebut terlihat sama, yakni sebagai pemanggang dan pemanas makanan.

Banyak yang belum tahu perbedaannya, apakah itu perbedaan penggunaan atau jenisnya. Ketika Anda membeli secara online atau offline, Anda akan menemukan banyak merek terkenal.

Jika ingin membelinya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan fungsi oven dan microwave agar bisa digunakan secara maksimal sebagaimana mestinya.

Baca juga: 10 Kebiasaan Orang Lombok, Tidak Ditemukan Di Tempat Lain

Sumber panas oven listrik atau gas

(foto: olx)

Perbedaan pertama antara oven dan microwave adalah tentang panasnya. Saat memanaskan dengan oven, sumber panasnya adalah listrik atau gas.

Panasnya bisa menyebar sehingga makanan matang. Oven ini dilengkapi dengan kipas angin agar suhu merata dan makanan juga bisa matang dengan merata.

Ada beberapa jenis dan ukuran oven, sesuai dengan kekuatannya

Perbedaan Oven dan Microwave, Ketahui Sebelum Membeli

(foto: indiamart)

Beberapa jenis oven antara lain; oven listrik, oven gas, oven konvensional, oven konveksi. Ukuran oven bervariasi menurut daya. Jika daya semakin kecil, maka ukurannya semakin kecil. Ini berlaku untuk oven listrik.

Penggunaannya pun bervariasi, karena tergantung dari jenis atau ukuran makanan yang disertakan. Untuk oven berukuran besar, biasanya digunakan untuk makanan berukuran besar atau lebar seperti pizza, kue, ayam bakar, dan lain-lain.

Agar panasnya merata, cara menggunakan oven lebih lama

Perbedaan Oven dan Microwave, Ketahui Sebelum Membeli

(foto: badabingpizzeria)

Oven membutuhkan waktu lama untuk memasak makanan. Tenaganya juga lebih besar, karena butuh waktu lebih lama agar panas menyebar ke seluruh pelosok. Daya listriknya relatif besar karena memakan waktu yang cukup lama.

Saat memasak, gunakan wadah tahan panas. Saat memasak di oven, Anda dapat menentukan waktu dan suhu dengan fitur yang disediakan. Beberapa jenis oven membutuhkan pengaturan secara profesional.