Pernah Jadi Surga Dunia, Kota Kuno Baia Kini Tenggelam di Dasar Laut

Dua ribu tahun lalu, Kota Baia adalah surga dunia bagi orang-orang super kaya dan punya kekuasaan. Pada akhir pekan, banyak orang mencari kesenangan di pantai, villa mewah, atau kolam air panas yang ada di sana.

Bukan sekadar wisata mewah, tapi Baia terkenal sebagai kota tempat pesta pora dan penuh dosa.

Kondisinya yang kini sudah tenggelam di dasar laut disebut-sebut menjadi hukuman untuk penghuninya yang sudah melampaui batas. Tapi ada juga temuan tentang kondisi alamnya yang memang rawan untuk tenggelam.

Baca juga: Lebih Cantik dari Cleopatra, Ratu Nefertiti Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Mesir

Kota ini menarik minat para bangsawan dari Roma

(foto: insolita)

Pada abad 2 SM kondisi alam Baia memang menarik bagi bangsawan dari Roma. Bahkan mereka menjulukinya dengan padang phlegraean yang artinya menyala. Bukan kiasan, tapi nyala itu disebabkan oleh kaldera yang menaungi kota.

Kaldera di Baia merupakan fitur vulkanik yang menjadi pendorong kemajuan teknologi, contohnya penemuan semen yang tahan air.

Material itu kemudian menyokong pembangunan kubah-kubah  dan fasad berbahan marmer, rumah, kolam-kolam pribadi, dan pemandian yang semua mewah.

Bahkan ada penduduk setempat yang membangun nymphaeum, yakni sebuah goa milik pribadi yang berisi beberapa patung marmer. Di goa tersebut, orang yang datang bisa melampiaskan kesenangan paling liar.

Meski di kemudian hari, tingginya aktivitas vulkanik di sana juga memicu kehancuran.

Pada masanya terkenal dengan aktivitas hiburan kelas atas

Pernah Jadi Surga Dunia, Kota Kuno Baia Kini Tenggelam di Dasar Laut

(foto: lateet)

Terletak di 30 km dari Napoli dan terkenal pada masanya dengan aktivitas hiburan kelas atas. Kota ini mirip Las Vegas di zaman sekarang.

Bukan hanya berlibur, dahulu pengunjung juga melancarkan kepentingan-kepentingan mereka yang mungkin terlarang di tempat lain.

Kota ini menjadi saksi bisu berbagai rumor dan skandal orang-orang penting. Di sana pernah ada Cleopatra yang konon pernah melarikan diri setelah Julius Caesar tewas.

Ada istri Kaisar Claudius dari Romawi yang merencanakan kronologi pembunuhan, dan orang-orang crazy rich pada masanya yang melancarkan perdagangan gelap.

Dilansir oleh BBC, memang banyak intrik politik yang terkait dengan Baia.